Categories: Digital Marketing

Manfaat Digital Marketing

Semakin berkembangnya teknologi, dunia pemasaran pun juga berkembang dan bergeser ke dunia digital marketing. Digital marketing kian dilirik karena ketidakmampuan media konvensional dalam memfasilitasi keinginan dari target pasar dan kemampuan yang terbatas. Digital marketing juga dapat digunakan segala jenis dan ukuran bisnis, dengan memberikan jangkauan pasar yang lebih luas. Jika Anda masih bertanya-tanya apa manfaat dari digital marketing bagi bisnis Anda, berikut ini 8 manfaat digital marketing yang bisa Anda peroleh.

Manfaat Digital Marketing

Mungkin Anda masih bertanya-tanya tentang kekuatan yang diberikan digital marketing bagi bisnis Anda. Ada banyak manfaat yang akan Anda rasakan bila mengaplikasikan digital marketing sebagai cara pemasaran Anda. Manfaat itu seperti:

Terhubung dengan Konsumen

Digital marketing merupakan segala jenis pemasaran yang menggunakan media digital apapun dengan tujuan untuk mempromosikan barang atau jasa bisnis Anda. Di tengah erea digital seperti ini, di mana lebih banyak orang yang menghabiskan waktu mereka untuk menjelajahi internet. Apalagi melihat pengguna internet di Indonesia, yang menurut data yang dihimpun pada 2018 oleh Asosiasi Penyedia Jasa Layanan Internet Indonesia (APJII) 117. 17 juta jiwa atau 64,8 persen dari jumlah penduduk Indonesia telah terhubung ke internet.

Pemasaran adalah tentang terhubung dengan konsumen di tempat dan waktu yang tepat. Dengan jumlah sebesar itu dan akan terus bertambah, tentu kemungkinan Anda untuk terhubung dengan konsumen potensial Anda akan semakin tinggi. Jika konsumen Anda banyak menghabiksan waktunya dengan online, maka ke sanalah Anda harus pergi.

Mampu Melacak Perilaku Konsumen

Hal yang sangat penting dalam pemasara adalah mengetahui bagaimana perilaku dari konsumen agar segala jenis pesan bisa tepat dan mengarahkan mereka pada apa yang kita inginkan yaitu pembelian produk atau jasa. Ini cenderung sulit dilakukan dengan metode pemasaran tradisional yang secara umum pesan pemasaran ditujukan pada semua orang dengan harapan mereka akan tertarik pada produk/jasa yang Anda tawarkan.

Menggunakan digital marketing seperti sosial media membuat Anda dapat mengerti lebih baik tentang perilaku konsumen Anda. Mulai dari apa yang mereka sukai, bagaimana mereka menghabiskan waktu, hingga bagaimana mereka memahami produk Anda. Sehingga aktvitas pemasaran pun dapat berjalan efektif dan tepat sasaran. Dengan memanfaatkan digital marketing dan mampu memahami perilaku kosumen dengan baik, Anda juga dapat membangun loyalitas pelanggan dan menciptakan reputasi merek. Ini adalah salah satu tingkat kedalaman yang tidak dapat ditandingi oleh pemasaran tradisional.

Hemat Biaya

Bukan rahasia lagi jika biaya pemasaran adalah biaya pengeluaran paling besar dalam bisnis. Bagi mereka yang punya bisnis dengan modal yang tidak terbatas tentu ini bukan menjadi masalah yang besart, tapi bagi mereka yang masih merintis dan punya keterbatasan modal, tentu ini menjadi masalah. Penggunaan media pemasaran tradisional seperti billboard, iklan tv dan media mainstream lainnya cenderung memakan biaya yang besar dan jangkauan yang terbatas. Digital marketing menawarkan alternatif yang lebih hemat biaya namun menghasilkan dampak yang lebih besar bahkan tidak terbatas. Bayangkan, bila Anda pelaku bisnis kecil yang masih berkembang, jika Anda menggunakan media sosial sebagai salah satu media digital marketing bisnis Anda. Anda dapat mengekspos lebih dari 1000 orang untuk memperkenalkan produk Anda dengan harga yang seminim mungkin.

Memperluas Target Pasar

Setiap pelaku bisnis ingin pasar mereka berkembang dari sebelumnya. Hal itu sangat mungkin melalui digital marketing. Karena digital marketing dilakukan secara online maka pemasaran Anda dapat diakses secara global yang lebih besar, tidak ada lagi dinding pembatas. Sedangkan bila Anda menggunakan pemasaran tradisional, Anda dibatasi oleh geografi. Digital marketing memungkinkan Anda untuk mendapat jangkauan pasar yang lebih luas dengan cara yang efektif dan juga mereka sukai. m juga memberikan kesempatan bagi Anda pelaku usaha kecil untuk mengglobal dengan paparan yang luar biasa secara digital.

Investasi Jangka Panjang

Pemasaran tradisional punya keterbatasan pada waktu. durasi iklan Anda akan sangat tergantung dari berapa besar uang yang Anda keluarkan untuk melakukan iklan. Sementara, jika bisnis Anda menggunakan digital marketing, itu adalah investasi jangka panjang. Sekali Anda memasang iklan melalui website, media sosial, email atau lainnya maka iklan tersebut akan ada selama-lamanya di sana. Tidak ada keterbatasan waktu, justru dampaknya akan kian terasa dari hari ke hari. Digital marketing juga memberi tahu Anda tentang kinerja pemasaran yang Anda lakukan sehingga Anda dapat memutuskan apalah akan melanjutkan iklan atau tidak.

 

Mempermudah Anda dalam Persaingan

Dunia bisnis tidak terlepas dari persaingan. Untuk dapat bersaing dengan komnpetitor, Anda butuh sesuatu yang membedakan dengan mereka. Anda dapat menggunakan media digital untuk membangun merek dan reputasi bisnis Anda. Mulai melalui website yang dikembangkan dengan baik, saluran media sosial yang sangat interaktif dapat menjadi cara Anda dalam bersaing. Digital marketing juga memungkinkan Anda untuk melakukan pemasaran yang lebih fleksibel dengan melakukan taktik pemasaran konten. Konten seperti gambar, artikel, video dapat membuat bisnis Anda mendapatkan “mata uang sosial” dengan menjadi viral.

 

Meningkatkan Penjualan

Melalui digital marketing, jarak Anda dengan pelanggan hanyalah beberapa klik dari pembelian. Tidak seperti pemasaran tradisional yang mengharuskan orang untuk bangun dan melakukan panggilan telpon atau pergi ke toko. Digital marketing memungkinkan pembelian berjalan mulus hanya diujung jari pelanggan. Telah banyak pelaku bisnis yang memanfaatkan digital marketing mengaku penjualan mereka meningkat sebanyak 2.8 kali lipat dari sebelum mereka menggunakan digital marketing.

 

Meningkatkan Kepercayaan Pembeli

Kepercayaan pelanggan merupakan salah satu kunci sukses dari bisnis. Memanfaatkan digital marketing memungkinkan Anda membangun kedekatan baik dengan pelanggan. Memanfaatkan digital marketing membuat Anda bisa berinteraksi dengan pelanggan dan dapat meningkatkan kepercayaan pembeli. Kepercayaan pembeli juga dapat terbentuk dari kepuasan pelanggan yang membagikannya di media sosial. Apalagi pasar Indonesia, di mana word of mouth masih sangat berpengaruh besar ketika membeli suatu produk. Saat ini juga sudah banyak produk yang mendapatkan kepercayaan produk karena berhasil mendapatkan respon positif dari pengguna media sosial.

 

Bagaimana Mendapatkan Manfaat Digital Marketing?

Seperti yang Anda lihat, ada begitu banyak manfaat digital marketing yang akan mengubah cara Anda dalam berbisnis. Digital marketing adalah cara terbaik untuk menjangkau pelanggan Anda untuk di mana mereka berada pada saat mereka mencari brand Anda.

Anda mungkin akan bertanya, dari mana jika ingin memulai digital marketing?

Sangat penting untuk memiliki strategi digital marketing yang baik sebelum Anda mulai membuat konten atau melakukan kampanye digital. Pertimbangkan apa tujuan bisnis Anda secara keseluruhan dan ciptakan sasaran yang selaras. Tentukan juga strategi digital marketing mana yang paling sesuai dengan bisnis Anda.

Jika Anda butuh bantuan untuk mengembangkan strategi atau pembuatan konten, tim pakar dari Dotnext  siap membantu. Tim kami akan memungkinkan Anda merasakan manfaat yang besar dari menggunakan digital marketing dengan menyediakan berbagai layanan yang efektif. Seperti jasa pembuatan web, SEO, SEM, dan SMM.

DOTNEXT DIGITAL

View Comments

Recent Posts

Tips Branding Produk Makanan Agar Dikenal Luas

Bisnis kuliner adalah bisnis yang menjanjikan karena pasar dari bisnis ini selalu ada dan terus…

13 hours ago

Branding Product Adalah Hal Penting yang Sering Dilupakan

Apakah Anda sering merasa mengapa produk dari bisnis Anda tidak bisa menarik perhatian target pasar…

2 days ago

Digital Marketing Menurut Para Ahli

Dengan semakin banyaknya pengakses internet hari ini, digital marketing menjadi semakin dilirik para pelaku bisnis…

1 week ago

Digital Marketing Tools

Saat ini, digital marketing semakin berkembang dan juga semakin banyak pelaku bisnis yang tertarik untuk…

1 week ago

Mengaktifkan Instagram Shopping

Apakah bisnis Anda salah satu pengguna akun instagram bisnis? Kalau iya, apakah Anda sudah memanfaatkan…

2 weeks ago

Perbedaan Google Adwords dan Google Adsense

Ketika Anda terjun ke dunia digital, pasti  akan mendengar istilah Google Adwords dan Google Adsens.…

3 weeks ago