Categories: Facebook Bisnis

Manfaat Facebook Ads untuk Optimalkan Digital Marketing

Saat ini, beriklan di Facebook adalah sesuatu yang perlu Anda terapkan untuk memaksimalkan kegiatan digital marketing produk atau jasa Anda. Facebook Ads telah menjelma sebagai kekuatan yang bisa mendatangkan berbagai keuntungan untuk Anda. Ada berbagai manfaat Facebook Ads yang akan Anda rasakan, manfaat ini tentunya dalam jangka panjang. Penasaran apa saja manfaat Facebook Ads? Mari simak dalam artikel berikut ini!

Jenis Iklan Facebook

Sebelum kita membahas tentang manfaat, mari kita membedah satu per satu apa saja jenis iklan yang bisa kita pasang di Facebook. Hal ini penting Anda ketahui agar Anda bisa memasang iklan sesuai dengan kebutuhan dan iklan pun menjadi tepat sasaran.

1. Page post engagement

Jenis iklan Facebook pertama ini punya tujuan untuk meningkatkan reputasi. Caranya dengan menyebarkan post Anda untuk memperoleh like, comment atau juga share kepada target yang sudah ditentukan.

2. Page like

Kedua ada page like, iklan satu ini bertujuan untuk menambah jumlah like page pada akun Anda. Ini juga penting untuk membangun kepercayaan konsumen, tentu semakin banyak likes, maka akun Anda akan dianggap lebih kredibel.

3. Click to website

Jika Anda ingin mendorong trafik langsung ke website Anda, jenis iklan ini cocok untuk Anda coba. Orang-orang yang melihat iklan jenis ini akan mendapatkan tombol Call To Action yang langsung mengarah ke website Anda.

4. Website Conversion

Selain meningkatkan trafik website, Anda juga dapat mendorong orang untuk melakukan pembelian, leads atau juga registrasi melalui website Anda. Iklan jenis ini disebut website conversion.

5. Event Response

Jenis iklan Facebook satu ini sangat tepat jika Anda hendak mempromosikan acara yang akan berlangsung dengan target yang spesifik.

6. Apps Instal

Apa Anda ingin mempromosikan aplikasi yang Anda buat sehingga semakin banyak orang yang meng-instalnya? Facebook Ads jenis Apps instal cocok sekali untuk Anda coba. Iklan jenis ini akan mengajak orang untuk mendownload aplikasi Anda.

Baca juga: Facebook Pixel, Apa Itu dan Bagaimana Cara Menggunakannya?

Manfaat Facebook Ads

Jika Anda mengiklan produk atau jasa Anda di media sosial, Facebook Ads tidak boleh Anda abaikan. Meski terkesan sudah ditinggalkan tapi kenyataannya pengguna Facebook tetap menjadi yang terbanyak apalagi saat ini Facebook juga memegang Instagram sehingga iklan yang Anda pasang juga dapat terhubung di sana.

Manfaat Facebook Ads yang paling terasa adalah memberikan begitu banyak pilihan jenis iklan yang bisa Anda sesuaikan dengan tujuan yang hendak dicapai. Tapi tentu manfaatnya bukan hanya itu, ada yang lainnya yang akan rasakan, seperti berikut ini:

1. Meningkatkan Brand Awareness

Salah satu fakta tentang Facebook, Indonesia adalah salah satu negara dengan pengguna aktif Facebook terbanyak di dunia, saat ini Indonesia berada di posisi ke-4.

Dengan pengguna yang banyak, tentu ini adalah tempat yang ideal bagi Anda selaku pelaku bisnis untuk mempromosikan bisnis dan meningkatkan brand awareness secara luas yang pada akhirnya juga akan mendatangkan leads.

2. Iklan Lebih Tertarget

Salah satu fitur penting yang ada di Facebook Ads adalah adanya bagian Anda untuk mengatur kepada siapa iklan akan ditargetkan, di sini Anda bisa membuatnya dengan sangat detail, mulai dari rentang umur, jenis kelamin, lokasi hingga minat mereka. Dengan begitu iklan Anda akan menjadi lebih tepat sasaran kepada orang-orang yang punya minat terhadap brand Anda.

Misalnya produk Anda adalah sebuah produk pria tentunya iklan Anda akan diabaikan jika yang melihat adalah wanita. Namun sebaliknya, jika iklan tersebut langsung tepat sasaran maka ada kemungkinan akan menghasilkan transaksi atau juga leds.

3. Budget Bisa Disesuaikan

Salah satu manfaat Facebook Ads lainnya adalah dari masalah budget yang bisa Anda sesuaikan dengan keinginan Anda. Ini sangat sesuai untuk Anda yang baru merintis usaha. Dengan budget yang minim, Anda sudah bisa memasang iklan. Facebook Ads akan melihatkan estimasi dan jangkauan dari budget yang Anda keluarkan. 

Baca juga: Tips Desain Produk Kreatif

4. Iklan Bisa Ditampilkan dengan Berbagai Format Baik Foto Maupun Video

Facebook Ads tidak hanya menyediakan iklan dalam bentuk foto tapi di sini Anda juga bisa memasang iklan dalam bentuk video atau juga carousell yang berisikan beberapa foto. Tentunya semakin kreatif iklan yang Anda tampilkan akan mempengaruhi orang untuk melihatnya. 

5. Dapat Diukur

Dengan menggunakan Facebook Ads Anda dapat mengukur keberhasilan iklan Anda. Setelah iklan selesai ditayangkan, Anda dapat melihat seberapa banyak iklan menjangkau orang, berapa banyak orang yang melakukan klik pada iklan, berapa banyak like yang didapat dan juga konversi yang didapat. Untuk melacak konversi, Anda perlu memasang Facebook Pixel di situs website Anda.

6. Anda Dapat Membangun Keterlibatan

Ketika memasang iklan tentu hasilnya akan berbeda, jangkauan yang Anda dapatkan bisa menjadi lebih luas daripada biasanya dengan jangkauan yang lebih luas ini tentu akan mendatangkan target baru yang sebelumnya belum pernah mengenal produk Anda, di sini biasanya mereka akan membangun keterlibatan dengan iklan Anda dalam bentuk komentar, berbagi atau juga setidaknya like.

Nah, itulah berbagai manfaat Facebook Ads yang bisa Anda dapatkan. Beriklan di media sosial saat ini menjadi pilihan yang tepat untuk mendukung kegiatan digital marketing sebuah brand selain biaya yang lebih terjangkau beriklan di media sosial juga dapat membantu Anda untuk mencapai KPI yang telah Anda tetapkan.

Saat ini, Anda juga bisa memanfaatkan jasa social media marketing untuk meramu akun media sosial yang Anda miliki. Social media marketing agency akan membantu Anda merumuskan konten seperti apa yang sesuai dan juga menentukan persona Anda seperti apa di media sosial.

DOTNEXT DIGITAL