Categories: Digital Marketing

Manfaat Google Adwords Selain Beriklan

Dalam artikel sebelumnya, kita sudah pernah membahas secara mendalam mengenai Google Adwords untuk keperluan meningkatkan visibilitas website dengan cara beriklan.Tapi apakah manfaat Google Adwords hanya untuk beriklan? Oh tentu saja tidak, ada manfaat Google Adwords selain beriklan yang mungkin jarang sekali diketahui.

Apakah Anda tertarik untuk mengetahuinya untuk semakin yakin menggunakan Google Adwords dalam kegiatan digital marekting Anda? Kalau begitu, mari simak artikel di bawah ini!

Manfaat Google Adwords Selain Beriklan

Untuk Anda yang mungkin belum mengetahui, Google telah melakukan perubahan nama Google Adwords menjadi Google Ads. Nah, selain memberikan kesempatan selebar-lebarnya kepada kita untuk beriklan, ada beberapa manfaat lainnya yang ditawarkan oleh produk Google yang satu ini. Apa sajakah manfaat Google Adwords selain beriklan yang bisa menguntungkan kegiatan digital marketing bisnis kita?

1.Alat riset pasar

Ini adalah hal yang fundamental, sebagai penyedia layanan beriklan tentu Google harus menyediakan data-data yang lengkap yang berguna untuk pengiklan dalam mengambil keputusan. Berikut ini beberapa fitur yang disediakan Google yang bisa kita manfaatkan untuk mendapatkan data-data.

Google Keyword Planner

Tools yang satu ini sangat membantu Anda untuk menentukan kata kunci yang berkaitan dengan pasar Anda. Anda bisa menggunakan tools yang satu ini untuk menerapkan SEO di website Anda sehingga Anda bisa mengetahui kata kunci mana yang bisa dioptimasi untuk masuk pada halaman pertama Google secara organik.

Selain itu, tools ini juga membantu Anda untuk menemukan kata kunci yang mungkin tidak Anda pikirkan ternyata banyak dicari oleh user.

2. Membantu tim SEO menemukan kata kunci secara otomatis

Beberapa permasalahan yang sering dihadapi oleh tim SEO adalah menemukan kata kunci yang relevan untuk kemudian dioptimasi. Nah, manfaat Google Adwords selain beriklan adalah membantu tim SEO menemukan kata kunci yang relevan secara otomatis.

Caranya adalah dengan menggunakan fitur Dynamic Search Ads, maka Anda tidak perlu lagi untuk menargetkan kata kunci pada iklan Anda, dan Google akan melakukannya. Anda bisa melihat mana yang relevan dan melihat waktu potensial pelanggan melakukan transaksi.

3. Riset perilaku online

Saat iklan Anda berjalan, dalam kolom Dimension, ada banyak insight yang dapat Anda lihat di sana. Seperti berapa banyak iklan tayang, dari sini Anda bisa mengetahui jam aktif dari market Anda.

Dengan mengetahui hal ini, Anda dapat mempunyai gambaran jam terbaik untuk melakukan publikasi artikel, atau juga melakukan kegiatan digital marketing lainnya.

Apakah itu saja yang bisa diketahui? Masih ada lagi tentunya, yaitu Anda bisa melihat kota di mana iklan Anda banyak dicari.

4. Riset kompetitor melalui auction insight

Membaca pergerakan kompetitor dalam bisnis juga hal yang penting agar Anda bisa mengetahui strategi apa yang mereka gunakan dan bagaimana Anda harus mengantisipasinya.

Dengan memanfaatkan Google Adwords, Anda dapat mengetahui seberapa agresif kompetitor dengan mengakses auction insight. Dari sana Anda dapat mengetahui sebaik apakah impresi iklan yang mereka jalankan mendapatkan hasil yang lebih baik atau sebaliknya.

Manfaat Adwords sebagai uji coba situs

Saat Anda melakukan optmasi, hal yang juga penting adalah menguji performa situs. Melalui Google Adwords, di mana Anda membeli pengunjung, Anda bisa melakukan uji performa situs Anda dengan cepat, dalam hitungan hari saja.

Dari sini Anda bisa melihat, bagaimana proses loading, apakah cepat atau lambat? Dengan apa pelanggan mengakses situs Anda, apakah dengan perangkat mobile atau perangkat komputer? Manakah yang menjadi halaman favorit mereka? Keseluruhan data ini bisa dengan cepat Anda dapatkan.

Saat Anda menguji coba, cobalah untuk memerhatikan Google Analytics Anda, ini penting karena tidak semua klik menghasilkan kunjungan. Jika ini sampai terjadi, bisa diartikan bahwa situs Anda ada dalam masalah atau bisa juga diartikan Anda salah menargetkan pengunjung.

Untuk melakukan uji coba, Anda juga bisa membuat dalam beberapa varian halaman atau yang juga disebut split test. Dengan pengujung yang tertarget di Google Adwords. Cara seperti ini bisa membantu Anda untuk menentukan varian desain mana yang disukai dan bisa diterapkan untuk website Anda.

Jika Anda memanfaatkan jasa digital marketing agency Jakarta untuk membangun website Anda, dalam melakukan uji coba desain situs akan menaruh anggaran dengan jangka waktu 2-5 hari. Dengan anggaran tersebut akan digunakan untuk mengetahui karakteristik pengunjung dalam beberapa varian desain, berapa bounce rate, durasi seasion, dan lain sebagainya.

DOTNEXT DIGITAL

Recent Posts

Manfaat Konten Marketing

Persaingan bisnis memang tidak bisa dipungkiri lagi begitu ketatnya. beberapa usaha kecil terkadang sulit bersaing…

5 days ago

Perbedaan SEO & SEM, Mana yang Perlu Digunakan?

Dunia pemasaran digital berkembang dengan begitu pesat. Apakah bisnis Anda salah satu yang sudah menggunakan…

2 weeks ago

Biaya Google Adwords dan Cara Menentukan Anggaran Beriklan

Di era digital seperti saat ini, banyak sekali platform-platform digital yang dapat kita manfaatkan untuk…

2 weeks ago

5 Contoh Konten Media Sosial Terbaik Untuk Optimasi Bisnis Anda

Hari ini, bisnis kita seperti ketinggalan zaman bila tidak mempunyai media sosial. Bisa dikatakan media…

2 weeks ago

Apa itu Google Analytics

Kegiatan digital marekting memungkinkan semua kegiatan dapat terukur pencapaiannya. Baik itu penerapan menggunakan website, menggunakan…

3 weeks ago

Cara menguji kecepatan internet

Internet saat ini sudah menjadi kebutuhan wajib setiap orang. Bahkan hari akan terasa kurang jika…

3 weeks ago