Manfaat Konten Marketing

Persaingan bisnis memang tidak bisa dipungkiri lagi begitu ketatnya. beberapa usaha kecil terkadang sulit bersaing dengan usaha besar dan sudah berjalan cukup lama. Tapi bukan berarti usaha kecil tidak punya kesempatan untuk berkembang dan maju. Untuk itulah usaha kecil perlu menggunakan konten marketing sebagai bagian dari kegiatan pemasaran bisnis. Ada banyak manfaat konten marketing ketika diterapkan.

Berikut ini kami jabarkan apa saja manfaat dari konten marketing yang bisa membantu bisnis dalam persaingan dengan kompetitor.

Manfaat konten marketing

Teknik pemasaran tradisional yang sangat bertumpu pada hard selling, dianggap kurang relevan untuk karakteristik konsumen pada saat ini. Hanya menyodorkan produk-produk saja membuat konsumen merasa bosan dan sudah bisa menebak arah pemasarannya. 

Sedangkan, saat ini konsumen lebih tertarik dengan suguhan pemasaran yang mengedukasi mereka tentang produk.

Dalam konten marketing kita memberikan valuable kepada produk yang kita tawarkan lewat konten yang akan kita bagikan kepada target pasar yang kemudian dikonversi menjadi prospek, pembeli hingga pelanggan.

Dengan begitu mereka rasa percaya mereka akan tumbuh kepada merek Anda. Adapun beberapa manfaat konten marketing yang akan Anda dapatkan seperti:

1. Lebih efektif dan efisien

Sebelum konten marketing, cara pemasaran dari para bisnis relatif sama, yaitu dengan beriklan. Dan kebanyakan orang tidak menyukai iklan, dan merasa terganggu, sehingga konsumen cenderung mengabaikannya. 

Nah, inilah yang membedakan konten marketing, Anda akan mempromosikan produk Anda dengan cara yang lebih elegan sehingga target konsumen Anda bahkan tidak merasa bahwa mereka sedang melihat promosi.

Di mana nanti setiap nilai-nilai yang ada dalam produk akan dikembangkan menjadi konten berkualitas yang bisa didapatkan dan disebarkan oleh banyak orang secara gratis. 

Dalam konten marketing, yang harus Anda pahami adalah Anda tidak langsung melakukan hard selling, pertama yang Anda bangun adalah kepercayaan. Selanjutnya, setelah Anda mendapatkan kepercayaan, maka ke depannya akan sangat mudah bagi Anda untuk memberikan penawaran.

2. Meningkatkan kesadaran merek

Semakin Anda membagikan valuable content kepada banyak orang terutama target pasar untuk produk Anda. Ini akan membuat merek Anda diingat dan juga diasosiasikan. Yang pada akhirnya, ini akan membuat merek Anda mudah diingat atau berada di top of mind pada bidangnya.

Jika target konsumen Anda sudah sadar dengan keberadaan merek, maka ini akan mudah ke depannya untuk melakukan penjual.

3. Membentuk citra merek

Dalam dunia bisnis, citra merek sangatlah penting, untuk itulah penting sekali bagi Anda apabila ingin mengembangkan bisnis membentuk citra merek yang positif. Anda harus bisa mendapatkan penghargaan dari target pasar Anda, dan mereka juga akan dengan senang hati membagikannya kepada orang terdekat atau ini juga dikenal dengan word of mouth. 

Inilah manfaat konten marketing, konten marketing bisa memfasilitasi Anda untuk membentuk citra merek dengan cara menempatkan diri sebagai calon konsumen, dengan seperti itu Anda dapat mengetahui bagaimana mengendalikan reputasi merek, dan juga menaikan citra. 

4. Meningkatkan konversi

Setelah kesadaran merek terbentuk, efek yang akan Anda rasakan adalah konversi. Baik itu konversi leads atau juga penjualan. 

Tentu saja ini karena mereka sudah mengenali apa yang Anda tawarkan untuk mereka dan mereka juga sudah mengenali seperti apa merek Anda.

5. Meningkatkan engagement

Jika Anda mengembangkan konten yang menarik secara teratur, mungkin Anda akan mendapatkan tanggapan yang baik. Hal ini akan membuat Anda dapat berinteraksi dengan mereka, interaksi ini akan mengembangkan kedekatan personal dengan mereka dan mereka juga merasa senang. 

6. Baik untuk jangka panjang

Konten marketing merupakan strategi jangka panjang untuk bisnis. Manfaat konten marketing juga akan bisnis Anda rasakan jangka panjang. Mungkin memang konten marketing tidak akan langsung bekerja, tapi dengan penerapan yang konsisten dan strategi yang tetap, manfaat konten marketing akan terasa dalam jangka panjang. 

Penerapan dari manfaat konten marketing

Contoh untuk dapat merasakan manfaat konten marketing adalah dengan membuat konten yang tepat. Mungkin Anda pernah melihat suatu merek bisnis memberikan beberapa kisah inspiratif di media sosial merek.

Tujuannya jelas, untuk membangun kepercayaan dan juga menarik pengguna media sosial yang merasa tergugah dengan kisah-kisah inspiratif tersebut. 

Bagaimana memulai menggunakan konten marketing?

Jika Anda tertarik untuk menggunakan konten marketing, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengenali siapa yang menjadi target konsumen Anda. Setelah itu, Anda bisa mengembangkan konten. Agar lebih mudah, Anda juga bisa bekerja sama dengan digital marekting agency Jakarta untuk membantu Anda menerapkan konten marketing sehingga Anda bisa fokus pada meningkatkan penjualan.

Di mana sajakah penerapan konten marketing?

Nantinya, konten yang dikembangkan akan disebarkan baik melalui media sosial atau juga website. Untuk media sosial, akan disesuaikan dengan kebutuhan merek Anda, agar konten yang dibuat bisa tepat sasaran.

 

DOTNEXT DIGITAL

Recent Posts

Tips Branding Produk Makanan Agar Dikenal Luas

Bisnis kuliner adalah bisnis yang menjanjikan karena pasar dari bisnis ini selalu ada dan terus…

14 hours ago

Branding Product Adalah Hal Penting yang Sering Dilupakan

Apakah Anda sering merasa mengapa produk dari bisnis Anda tidak bisa menarik perhatian target pasar…

2 days ago

Digital Marketing Menurut Para Ahli

Dengan semakin banyaknya pengakses internet hari ini, digital marketing menjadi semakin dilirik para pelaku bisnis…

1 week ago

Digital Marketing Tools

Saat ini, digital marketing semakin berkembang dan juga semakin banyak pelaku bisnis yang tertarik untuk…

1 week ago

Mengaktifkan Instagram Shopping

Apakah bisnis Anda salah satu pengguna akun instagram bisnis? Kalau iya, apakah Anda sudah memanfaatkan…

2 weeks ago

Perbedaan Google Adwords dan Google Adsense

Ketika Anda terjun ke dunia digital, pasti  akan mendengar istilah Google Adwords dan Google Adsens.…

3 weeks ago