Belakangan ini, banyak sekali pelaku bisnis yang tertarik untuk memasang iklan di Facebook. Ya, Facebook Ads menjadi salah satu iklan media sosial yang paling diminati melihat pengguna Facebook yang banyak di Indonesia. Tapi, memasang Facebook Ads tidak bisa sembarangan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan diperhatikan agar kerja iklan bisa lebih efektif dan maksimal.

Memasang Facebook Ads

Mengingat pengguna Facebook yang terus meningkat dan juga memiliki fitur yang lengkap. Facebook memiliki dashborad laporan yang sangat lengkap.

Mungkin dari Anda ada yang sudah pernah memasang Facebook Ads namun merasa kecewa karena tidak mendapat hasil yang optimal. Nah, mungkin Anda belum melakukan hal-hal berikut ini.

Baca juga: Facebook Pixel, Apa Itu dan Bagaimana Cara Menggunakannya?

Optimasi yang ada di dalam Facebook Ads

Melakukan optimasi adalah hal yang harus Anda perhatikan ketika akan memasang Facebook Ads. Dengan melakukan optimasi, iklan yang Anda pasang akan tepat sasaran ke mereka yang sesuai dengan profile bisnis Anda.

Cara optimasi tersebut bisa dilakukan dengan melakukan beberapa pengaturan yang sesuai untuk bisnis Anda, seperti:

1. Goals Optimazition

Facebook Ads mendukung beberapa gols dari pemasangan iklan yang Anda harapkan. Mulai dari brand awerness sampai dengan conversion based. Pastikan terlebih dahulu goals yang Anda harapkan karena goals yang Anda pilih menentukan pengaturan-pengaturan lainnya setelahnya.

Perlu Anda perhatikan juga adalah langkha-langkah berikutnya, seperti memilih event yang akan digunakan dari Facebook Pixel atau delivery optimization yang Anda targetkan. Misalnya jika iklan Anda adalah untuk mendapatkan jangkauan luas yang sebanyak-banyaknya, maka Anda harus memilih delivery optimization reach. 

Ini adalah hal yang penting karena memengaruhi Facebook dalam menayangkan iklan Anda ke pengguna. Salah memilih dapat membuat iklan tidak tepat sasaran dan tidak mendapatkan hasil yang diharapkan.

2. Targeting and Audience

Ini adalah inti dari memasang Facebook Ads. Sebaik apapun iklan yang Anda siapkan, dan sebesar apa pun alokasi dana iklan Anda, tidak akan berhasil berhasil jika iklan tidak tepat sasaran sesuai dengan audiens dari bisnis Anda.

Nah, di Facebook Ads Anda benar-benar diberikan keleluasaan untuk mengatur target setepa mungkin dengan bisnis Anda. Semua bisa Anda atur, seperti ketertarikan, jenis kelamin, lokasi, usia. 

Baca juga: Digital Marketing Menurut Para Ahli

3. Ads Schedule

Anda juga bisa menayangkan iklan Anda pada jam-jam tertentu. Misalnya, Anda ingin menargetkan iklan Anda kepada para pekerja kantoran, maka waktu terbaik untuk iklan adalah saat waktu makan siang dan sepulang kantor. 

Perlu Anda ketahui, dalam Facebook Ads tidak ada prime time dan tidak ada standart pasti dalam penentuan jam tanyang. Anda bisa menggunakan data laporan untuk mengetahui kapan paling banyak audiens Anda melihat konten Anda.

4. Placement

Facebook punya jaringan yang luas, mulai dari aplikasi Facebook itu sendiri, Instagram, dan jaringan partner mereka. Untuk itu opsi penempatan iklan juga sangat beragam.

Tugas Anda adalah memastikan iklan tayang di tempat yang tepat. Salah menentukan target iklan akan membuat budget terbuang sia-sia.

5. Cost control

Terakhir, yang harus Anda optimasi ketika memasang Facebook Ads adalah cost control atau pengendalian biaya. Dalam dunia digital marketing ada yang dikenal dengan nama konsep CPA atau Cost Per Acquisition atau yang diartikan dengan biaya akuisisi.

Cara menghitungnya dengan mengambil porsi budget iklan pertransaksi saat transaksi. Cost control bisa dijadikan parameter kesuksesan iklan berbasis konversi, semakin rendah nilainya maka semakin efektif nilainya.

Facebook Ads memberikan Anda kebebasan untuk memasang iklan, tapi tentu ada hal-hal yang perlu Anda perhatikan agar iklan bisa berjalan dengan optimal. Dotnext Digital menyediakan layanan Jasa Iklan Facebook Ads untuk membantu menyusun campaign anda.