5 Contoh Konten Media Sosial Terbaik Untuk Optimasi Bisnis Anda

Hari ini, bisnis kita seperti ketinggalan zaman bila tidak mempunyai media sosial. Bisa dikatakan media sosial saat ini adalah cara terbaik untuk menggapai pelanggan Anda. Hal ini menjadikan social media marketing salah satu pilihan digital marketing yang tepat. Jika Anda masih bingung bagaimana konten media sosial terbaik untuk bisnis, mari simak penjabarannya di bawah ini:

Konten Media Sosial Terbaik untuk Bisnis

Untuk Anda yang ingin atau sudah menggunakan media sosial untuk keperluan bisnis Anda. Apakah Anda pernah bertanya-tanya konten media sosial terbaik untuk bisnis yang seperti apa? 

Atau  bagaimanakah mengembangkan konten yang mendorong audiens untuk like, share, dan keterlibatan tinggi?

Ini sangat penting untuk Anda cari tahu, karena jika menjalankan media sosial tanpa strategi, akun Anda tidak akan berkembang dan akan diam di tempat.

Karena itu kami bocorkan beberapa contoh konten media sosial terbaik untuk bisnis yang bisa Anda terapkan.

1. Konten yang dibuat pengguna

User-Generated Content atau konten yang dibuat pengguna adalah cara yang baik untuk Anda meningkatkan keterlibatan dan jangkauan. 

Cara ini juga bisa membuat pelanggan merasa senang karena merasa bahwa bisnis Anda memerhatikan pelanggannya dengan sangat baik. Selain itu, konten seperti ini juga akan membangun kedekatan antara bisnis dengan pelanggan. 

Konten yang dibuat pengguna juga merupakan iklan gratis dan punya tingkat kepercayaan yang lebih tinggi. 

Dari sisi Anda sebagai pengembang konten, hal ini memudahkan Anda karena tidak lagi terlalu membutuhkan banyak gambar-gambar atau juga menghabiskan banyak waktu untuk memikirkan konten.

Cara ini telah secara sukses dan konsisten dilakukan Cupshe, dan GoPro. 

Tips: Selalu pantau media sosial Anda, perhatikan pesan atau profile Anda, apakah ada pelanggan yang menandai Anda di media sosial mereka. Sehingga Anda bisa dengan cepat mengunggahnya kembali.

2. Humor

Siapa yang tidak menyukai humor, kita semua suka humor. Humor juga bisa Anda jadikan sebagai contoh konten media sosial untuk bisnis, dan Twitter adalah tempat terbaik untuk menerapkannya. 

Berdasarkan hasil riset Social Index 2019 menemukan bahwa 67 persen konsumen yang disurvei menyatakan bahwa mereka paling suka dengan konten media sosial yang menghibur, dan 55 persen konsumen menyatakan bahwa mereka kemungkinan besar akan membagikan konten yang menghibur. 

Dengan hanya 280 karakter per pos, Anda harus mampu memasukan beberapa kepribadian tentang produk Anda ke dalam tweet Anda.

Saat mengerjakan strategi pemasaran untuk Twitter, cobalah untuk bertanya: apa yang membuat seseorang ingin mengikuti akun? Dengan mempertimbangkan audiens, Anda akan dapat menunjukkan keunggulan yang dapat ditawarkan merek Anda untuk membuat pengguna Twitter mengikuti merek Anda.

Teknik humor juga biasanya disesuaikan dengan waktu, waktu yang tepat akan semakin meningkatkan keterlibatan dan juga membuat Anda viral.

Hal ini sudah banyak dilakukan oleh akun-akun Twitter seperti Gojek, dan Grab yang di mana Twitter mereka sangat aktif dalam mengembangkan konten berbau humor.

Tips: Sebelum Anda menggunakan konten humor, pertimbangan krusial yang perlu Anda pikirkan adalah siapa  target pasar Anda, atau apa jenis bisnis Anda, Karena tidak semua bisa menerapkan humor, apalagi jika merek Anda ekslusif.

3. Livestream

Saat ini baik Instagram dan Facebook telah menyediakan layanan livestream secara gratis. Nah, Anda harus memanfaatkan hal ini sebagai konten media sosial Anda.

Anda juga bisa menggunakan livestream ini sebagai lead generation.

Caranya dengan meminta penonton untuk mengklik link pada kolom komentar, mengisi form, dan banyak lainnya.

Tips: Jika Anda tertarik untuk melakukan live baik itu di Instagram pertimbangkan untuk berfokus pada promosi saat livestreaming berlangsung.

4. Pemasaran Lintas Saluran

Pemasaran lintas saluran atau pemasaran multi saluran adalah praktik menggunakan banyak saluran untuk menjangkau audiens. Karena tidak semua orang menggunakan setiap platform, ada baiknya untuk hadir di beberapa platform, dan berbagi beberapa konten yang sama di jaringan yang berbeda.

Beberapa pemasaran lintas saluran yang bisa Anda gunakan adalah Facebook, Instagram, dan Twitter. 

Menemukan cara unik untuk benar-benar menonjol di antara persaingan adalah kunci strategi pemasaran digital yang sukses.

Anda bisa menggunakan cara pemasaran lintas saluran dengan cara menggunakan web mini series yang bisa Anda bagikan di IG TV, Anda dapat memanfaatkan media sosial lainnya untuk mempromosikan teaser.  

Ini adalah cara sempurna untuk menghasilkan buzz di media sosial Anda, meningkatkan pengikut di media sosial lain, dan mempromosikan silang konten.

5. Inspirasi

Konten dengan tema inspirasi ini bisa membangun mood yang baik dari audiens Anda. Dan biasanya, konten yang seperti ini menghasilkan engagement yang banyak. 

Anda bisa mengembangkan konten ini dari kutipan dari buku atau orang terkenal atau juga fakta-fakta menarik yang ada di sekitar masyarakat. 

Itulah beberapa konten media sosial terbaik untuk bisnis yang bisa mulai Anda terapkan. Anda jangan pernah ragu untuk menerapkannya, karena Anda dapat beberapa jenis konten dan menganalisa manakah konten yang lebih disukai dan cocok oleh audiens. Dari sini Anda dapat mengoptimalkan strategi konten media sosial untuk mendukung kegiatan social media marketing.

DOTNEXT DIGITAL

Recent Posts

Tips Branding Produk Makanan Agar Dikenal Luas

Bisnis kuliner adalah bisnis yang menjanjikan karena pasar dari bisnis ini selalu ada dan terus…

13 hours ago

Branding Product Adalah Hal Penting yang Sering Dilupakan

Apakah Anda sering merasa mengapa produk dari bisnis Anda tidak bisa menarik perhatian target pasar…

2 days ago

Digital Marketing Menurut Para Ahli

Dengan semakin banyaknya pengakses internet hari ini, digital marketing menjadi semakin dilirik para pelaku bisnis…

1 week ago

Digital Marketing Tools

Saat ini, digital marketing semakin berkembang dan juga semakin banyak pelaku bisnis yang tertarik untuk…

1 week ago

Mengaktifkan Instagram Shopping

Apakah bisnis Anda salah satu pengguna akun instagram bisnis? Kalau iya, apakah Anda sudah memanfaatkan…

2 weeks ago

Perbedaan Google Adwords dan Google Adsense

Ketika Anda terjun ke dunia digital, pasti  akan mendengar istilah Google Adwords dan Google Adsens.…

3 weeks ago