Website berperan penting dalam bisnis yang ingin go digital. Kehadiran website membuat website bisa ditemukan oleh banyak orang, baik itu untuk skala lokal maupun global. Dengan website, pelanggan juga lebih percaya dengan produk yang ditawarkan. Transaksi secara online juga bisa dilakukan di website. Salah satu cara membuat website dengan WordPress.

Ada banyak sekali keunggulan dari WordPress sebagai salah satu media pembuat website untuk bisnis Anda. Pembuatannya juga tidak rumit, penasaran? Simak penjelasannya di bawah ini!

Mengapa Membuat Website dengan WordPress

Tahukah Anda, WordPress merupakan CMS yang paling populer di dunia. Saking populernya, 30 persen website di dunia ini dibuat dengan WordPress. 

Penggunanya juga tidak terlepas hanya untuk blog pribadi saja tapi juga perusahaan besar, juga membangun website dengan WordPress. Sebut saja brand SONY Music, Bata, Mercedes Benz, The New York Times Company, dan The Walt Disney mereka membuat website perusahaan dengan memanfaatkan WordPress. 

Apa Anda tidak ingin menjadi bagian dari perusahaan-perusahaan besar tersebut, yang membuat website dengan WordPress.

Perbedaan WordPress.Org dan WordPress.Com

Sebelum melanjutkan, mari kita kenali dulu mengenai dua versi dari WordPress. Perbedaan mendasar dari keduanya adalah pada host aktualnya.

Selain itu, tentu ada perbedaan lainnya. 

WordPress.Com

Ini adalah fitur gratis yang disediakan oleh WordPress. Anda tidak perlu memiliki domain dan hosting. Semuanya sudah disediakan dari WordPress.Com secara gratis.

Anda cukup mendaftar secara gratis dan pilih nama domain website yang sesuai dengan bisnis Anda. Nantinya Anda akan mendapatkan nama domain sebagai berikut www.domainanda.wordpress.com.

Perlu menjadi catatan, karena bersifat gratis Anda perlu menaati peraturan yang dibuat oleh WordPress.Com

WordPress.Org

Ini adalah versi lengkap dari WordPress.Com, Anda mendapatkan keleluasaan dalam pengelolaan website dengan berbagai fitur yang dimiliki.

Selain itu dari segi support, forum, themes dan ketersediaan plugin WordPress. Untuk nama domain, Anda pun bebas memilih nama domain, selain itu kapasitas hosting juga bebas Anda tentukan sesuai kebutuhan.

Cara Membuat Website dengan WordPress

Untuk membuat website dengan WordPress tidaklah sulit, dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini, dijamin Anda bisa membuat website dengan WordPress.

Tentukan Jenis Website

Langkah pertama untuk membuat website dengan WordPress adalah menentukan jenis website, apakah itu blog, situs e-commerce, profil perusahaan, dan lainnya. 

Mengetahui hal ini sebelum membuat website sangat penting karena akan menentukan menu apa saja yang perlu dihadirkan, apa saja konten yang perlu disiapkan, tema seperti apa yang sesuai. 

Apalagi menyangkut topik website, sangat beragam jumlahnya. Pilihlah topik website yang sesuai dengan bisnis Anda. 

Topik yang sesuai dengan bisnis juga jadi niche yang akan dipakai, pikirkan tujuan apa yang ingin Anda capai dari website. Apakah hanya sekadar untuk portofolio perusahaan, apakah menjadi katalog untuk produk, atau juga sebagai ecommerce. 

Tidak kalah penting, pertimbangkan kelompok audiens yang akan jadi sasaran website. Dengan mengetahui target audiens, Anda bisa lebih mudah menentukan format, gaya, dan tampilan website.

Buat Nama Domain

Nama domain merepresentasikan brand dan website Anda. Oleh karena itu, saat membuatnya coba pertimbangkan dengan matang, mana nama yang membuat orang langsung mengenali brand Anda.

Setelah Anda memutuskan nama domain, Anda bisa cari apakah nama yang Anda pilih tersedia atau sudah digunakan. Jika sudah digunakan, Anda bisa mencari alternatif lainnya. 

Pilih Web Hosting 

Untuk membuat website dengan WordPress, Anda juga membutuhkan web hosting. Kami punya sedikit tips untuk Anda memilih web hosting. 

  • Apa yang Anda butuhkan, pertama lihat berapa banyak resource yang dibutuhkan website, seperti apa rencana Anda ke depannya. Apakah Anda berniat untuk mengembangkan situs dan memperoleh lebih banyak trafik.
  • Pastikan web hosting tidak sering down. Tentu jika sering mengalami down, kerugian ada di sisi Anda. Website harus terus beroperasi 24/7 selama 365 hari. Untuk itu, pastikan memilih layanan web hosting dengan uptime tinggi dan server stabil.
  • Bantuan pelanggan yang baik, ini juga jadi pertimbangan Anda ketika memilih web hosting, karena bila ternayata sewaktu-waktu ada masalah, Anda bisa minta bantuan tim customer support.
  • Mudah digunakan, jadi hal mutlak, walau Anda bukan seorang programmer, Anda dapat menggunakannya.

Install WordPress

Jika nama domain sudah ada, web hosting sudah dipilih. Sekarang saatnya Anda install WordPress. Caranya cukup mudah, berikut langkah-langkahnya:

  1. Masuk ke dashboard dari panel web hosting Anda, lalu klik ikon Auto-Installer.
  2. Cari ikon WordPress,
  3. Masukan informasi yang dibutuhkan mulai dari URL, bahasa, administrator username, administrator password, administrator email, judul website, tagline. 
  4. Jika semua sudah lengkap, klik tombol install.

Pilih Tema

Setelah terinstall, tugas Anda belum selesai, membuat website dengan WordPress masih berlanjut. Selanjutnya adalah memilih tema agar tampilan website Anda semakin menarik dan tentunya semakin responsif.

Nah, salah satu keuntungan WordPress lainnya adalah ia memiliki banyak sekali tema untuk semua jenis website baik itu gratis maupun juga berbayar. Yang paling banyak digunakan adalah Uncode, Divi, dan X. 

Untuk menginstall tema, masuk ke Dashboard WordPress dan arahkan kursor ke tab Appearance. Lalu pilih themes dan klik add new. Cari tema WordPress yang Anda inginkan, setelah itu klik tombol install.

Install Plugin

Tidak hanya perlu menginstall tema, Anda juga harus menginstall Plugin. Plugin ini membantu fungsi yang ada pada website. Seperti untuk transaksi, menambahkan admin, hingga keamanan website.

Membuat Website dengan WordPress Bersama Jasa Pembuatan Website

Jika mungkin Anda tidak punya cukup waktu atau pengalaman untuk membuat website, tenang Anda masih bisa memiliki website dengan bantuan jasa pembuatan website. Bersama jasa pembuatan website, Anda tidak lagi perlu pusing memikirkan web hosting dan domain apa yang terbaik. Atau juga bagaimana membuat tema yang sesuai dengan keinginan. Anda cukup ceritakan apa yang jadi kebutuhan Anda, lalu tim profesional akan mengerjakan website untuk Anda.

Harganya juga tidak mahal, dengan 3 juta rupiah, Anda sudah memiliki website yang sesuai dengan keinginan Anda. Tertarik? Hubungi kami di sini.