Categories: Facebook Bisnis

Menambahkan Admin di Halaman Facebook Page

Jika Anda sudah memiliki halaman Facebook, mengelolanya akan lebih mudah jika dikelola oleh beberapa orang.  Tentunya dengan menambahkan beberapa orang akan membuat halaman cepat berkembang daripada hanya dikelola sendiri. Nah, sama halnya seperti grup Facebook, di halaman Fanpage Anda juga bisa menambahkan admin. Belum tahu cara menambah admin ke halaman Facebook? Simak penjelasannya berikut ini!

Cara Menambahkan Admin di halaman Facebook

Perlu Anda ketahui, ada banyak peran yang ada dan dapat diterapkan pada anggota yang ada di halaman. Mulai dari menjadi moderator, editor, pengiklan, atau bahkan admin. Meski Anda menambah beberapa pengurus, tidak ada masalah antara satu sama lainnya. Seorang admin dapat mengatur segala hal pada halaman, dibanding dengan peran lainnya. 

Jika Anda ingin menambah admin baru, pastikan Anda telah menjadi teman terlebih dahulu. Sebab, jika begitu Anda tidak bisa mengirim undangan kepada mereka menjadi admin. 

Menambahkan admin baru di Facebook

Berikut ini cara untuk menambahkan admin baru, mari ikuti langkah-langkahnya:

  1. Login ke Facebook seperti biasanya, kemudian di bagian sidebar kiri cari panel Pages dan klik halaman yang ingin ditambahkan admin baru.
  2. Setelah Anda masuk ke halaman, selanjutnya pilih pengaturan/setting.
  3. Jika Anda sudah masuk dalam menu pengaturan/setting, langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah cari menu peran halaman/page role. Kemudian, tepat di bawah akun admin terdapat form yang bisa Anda gunakan untuk mencari profile orang yang akan Anda tambahkan menjadi admin.
  4. Ketiklah nama orang yang akan Anda tambahkan sebagai admin. Pastikan Anda sudah berteman sebelumnya. Nanti Facebook akan memunculkan nama akun dari orang tersebut. Bila Anda tidak dapat menemukan nama akun yang akan Anda tambahkan, cobalah mencari dengan memasukan alamat email yang digunakan untuk mendaftar Facebook.
  5. Setelah menemukan profile yang akan Anda tambahkan menjadi admin, selanjutnya pilihlah peran, di sini kita memilih peran menjadi admin. Jika sudah, silakan klik simpan/save.

Nah, selesai sudah cara menambahkan admin di halaman Facebook, sangat mudah bukan?

Jenis Peran Selain Admin

Di Facebook page, peran yang tersedia cukup beragam, tidak hanya admin, tapi juga ada beberapa peran lainnya seperti berikut ini:

1. Editor

Peran satu ini sebenarnya hampir serupa dengan admin, hanya saja seorang editor tidak bisa mengakses pengaturan dari halaman dan mengubah peran dari pengurus yang lainnya.

2. Moderator

Jika Anda merasa kesulitan dalam menjawab setiap pesan dan juga komentar yang masuk di halaman Facebook Anda. Nah, Anda perlu memasukan moderator di Facebook Page Anda. Peran moderator seperti namanya, ia bisa menjawab setiap komentar, menghapus komentar, mengirim pesan, memblokir orang tertentu sehingga mereka tidak bisa mengakses halaman Anda. Namun seorang moderator tidak dapat membuat sebuah postingan baru.

3. Pengiklan

Jika Anda mendapatkan peran pengiklan, nah Anda hanya dapat melihat bagian insight, kualitas halaman dan orang yang membuat postingan saja. Walau demikian, pengiklan mempunyai peran dalam membuat iklan yang efektif untuk halaman Anda.

4. Analis

Dibanding dengan peran lainnya, peran analis terbilang yang paling sedikit memiliki akses. Seorang analis tidak bisa menambahkan postingan, membalas komentar ataupun juga membuat iklan. Ia hanya dapat mengakses menu insight dan kualitas halaman saja. Namun, peran analis sangat dibutuhkan untuk membuat strategi konten jangka panjang.

Dengan pembagian peran yang beragam, Facebook bisa menjadi tempat yang ideal untuk Anda memulai pemasaran secara digital. Jika Anda masih kesulitan dan juga bingung untuk memulai pemasaran digital di Facebook, tidak ada salahnya untuk menggunakan jasa digital marketing agency.

DOTNEXT DIGITAL