Categories: Instagram Bisnis

Mengaktifkan Instagram Shopping

Apakah bisnis Anda salah satu pengguna akun instagram bisnis? Kalau iya, apakah Anda sudah memanfaatkan fitur Instagram Shopping untuk membantu Anda meningkatkan penjualan? Kalau belum, dalam artikel ini Anda akan diberikan cara mengaktifkan Instagram Shopping. Penasaran? Mari simak artikel ini hingga tuntas!

Apa itu Instagram Shopping

Sebelumnya, mari kita bahas terlebih dahulu apa itu Instagram Shopping agar Anda tahu fungsi dan manfaatnya untuk bisnis Anda.

Instagram Shopping adalah sebuah fitur yang akan membantu konsumen mengetahui harga yang dijual di Instagram secara langsung.

Caranya juga sangat mudah, pengguna Instagram yang melihat hanya tinggal mengetuk pada foto produk yang berada di feed, maka kemudian secara otomatis akan langsung harga akan muncul. Sangat menarik dan praktis bukan? Ini memberikan cara terbaik untuk Anda mendapatkan banyak pelanggan, mereka yang berminat pada produk Anda dapat dengan mudah mengetahui berapa harga produk tersebut.

Cara Mengaktifkan Instagram Shopping

Untuk dapat menikmati fitur yang satu ini, ada beberapa langkah yang perlu Anda lakukan, seperti berikut ini:

1. Konfirmasi kelayakan akun

Langkah pertama agar Anda bisa menggunakan fitur ini adalah mengonfirmasi bahwa akun Anda layak untuk menggunakan Instagram Shopping. 

Ada beberapa syarat yang perlu Anda penuhi terlebih dahulu, syarat tersebut seperti:

  1. Menyetujui kebijakan Facebook (Facebook Policy).
  2. Mempunyai website dengan domain sendiri. Anda tidak boleh menggunakan marketplace, dan website pun harus memiliki fitur add cart, sehingga bisa melakukan transaksi.
  3. Berlokasi di negara yang mendukung fitur Instagram Shopping.
  4. Menjual barang fisik.

Jika Anda belum mempunyai website pribadi yang mendukung bisnis Anda, kami siap membantu Anda.

2. Ubah akun menjadi profile bisnis

Bila saat ini akun Anda masih berupa akun personal, agar dapat menggunakan fitur Instagram Shopping cobalah terlebih dahulu merubahnya menjadi akun bisnis. Cara dengan mengubahnya di bagian setting, lalu pilih opsi beralih ke akun profesional. 

Setelah itu, pilih kategori yang sesuai dengan bisnis Anda.  Lalu pilih apakah Anda seorang akun kreator atau akun bisnis. Lanjutkan dengan menghubungkan akun Facebook, melengkapi profile, mengundang teman, membagikan foto atau video.

3. Membuat katalog produk

Setelah semua langkah selesai, selanjutnya adalah langkah yang Anda tunggu-tunggu untuk menggunakan Instagram Shopping. Cobalah ikuti langkah-langkah berikut untuk membuat katalog produk Anda:

  1. Bukalah halaman Commerce manager . Jika Anda belum memiliki akun Facebook Business Manager, buatlah terlebih dahulu.
  2. Pada halaman Choose a Way to Sell , jika produk yang Anda jual adalah berupa barang silakan pilih opsi Create a Shop. Namun bila produk  berupa jasa pilih opsi Create a Catalog. Jika sudah klik tombol Get Started.
  3. Jika sudah, kemudian Anda akan diarahkan ke halaman Create Your Shop > Start Setting Up Your Shop. Pada halaman ini Anda diminta untuk memilih 1 dari 3 metode bagaimana pembeli akan melakukan pembayaran transaksi. Bila sudah menentukan, metode pembayaran klik tombol Get Started.
  4. Kemudian Anda akan masuk ke halaman Create Your Shop > Choose a Business. Di sini Anda diminta untuk memilih Facebook Page yang akan Anda gunakan. Jika sudah silakan Anda klik tombol NEXT.
  5. Berikutnya Anda akan masuk ke halaman Create Your Shop > Account Details. Pada bagian ini Anda akan mengisi nama akun dan memilih akun Facebook Business Manager. Jika sudah klik tombol NEXT.
  6. Jika Anda diminta untuk menginputkan alamat email silakan masukkan alamat email Anda lalu klik tombol Submit.
  7. Lalu Anda akan masuk ke halaman Create Your Shop >Where People Can View Your Shop. Di sini Anda diminta untuk menentukan dimana pelanggan Anda bisa melihat toko Anda.
  8. Kemudian di halaman Create Your Shop > Add Products by Choosing a Catalog. Jika Anda belum pernah membuat katalog sebelumnya klik tombol Go to Catalogs. Lalu akan muncul tab baru dan ada halaman Select Your Catalog Type. Pada halaman ini pilih jenis katalog sesuai dengan produk yang Anda jual. Setelah itu klik tombol NEXT.
  9. Selanjutnya pada halaman Configure Your Settings, dan pada bagian ini Anda bisa memilih opsi Upload Product Info atau juga Anda menggunakan toko online. Jika Anda menggunakan Wix, Woocommerce, atau juga Shopify Anda bisa memilih Connect Ecommerce Platform.
  10. Kemudian pilih Catalog Owner dan berikan nama katalog. Setelah itu klik tombol Create.
  11. Pada halaman Catalog Manager > Overview, silakan pilih Add Your Item in Bulk pada bagian Suggestions. Kemudian Anda masuk ke halaman Add Products to Your Catalog. Di sini silakan pilih opsi Use Bulk Upload dan klik tombol NEXT.
  12. Lalu pada halaman Use Bulk Upload silakan pilih opsi Scheduled Feed dan klik tombol NEXT. Proses terakhir adalah menentukan nama dan mata uang yang digunakan.
  13. Setelah itu klik tombol Upload. Setelah berhasil membuat katalog, selanjutnya kembali ke halaman Create Your Shop > Add Products by Choosing a Catalog lalu klik tombol Refresh Catalogs. Selanjutnya pilih katalog yang tersedia dan klik tombol NEXT.

4. Peninjauan Akun

Setelah katalog berhasil dibuat dan ditambahkan oleh produk Anda, selanjutnya adalah peninjauan akun di Instagram Anda. 

  1. Klik Setting di Instagram Anda
  2. Lalu, pilih menu Business
  3. Setelah itu pilih menu Set Up Instagram Shopping dan ikuti semua langkah dan perintahnya sampai Anda menemukan katalog yang telah Anda buat tadi.
  4. Tim Facebook akan meninjau akun Anda terlebih dahulu. Proses ini bisa berlangsung cepat atau juga lama. Jika peninjauan disetujui, maka Anda dapat melihat View Shop pada bagian profile Anda

5. Menambahkan produk pada Instagram Shopping

Setelah disetujui, Anda perlu menambahkan produk pada Instagram Shopping Anda. Langkahnya sebagai berikut:

  1. Masuk ke halaman profil akun Instagram Anda
  2. Tap menu View Shop
  3. Pada halaman Your Product Shop pilih Add Product
  4. Pilih produk yang ingin Anda tambahkan kemudian tap tombol Add lalu tap Done.
  5. Ulangi lagi untuk produk yang lain dan hasilnya bisa Anda lihat pada tombol View Shop.

Itulah langkah-langkah untuk mengaktifkan Instagram Shopping untuk membantu meningkatkan penjualan bisnis Anda.

 

 

 

 

DOTNEXT DIGITAL

Recent Posts

Tips Branding Produk Makanan Agar Dikenal Luas

Bisnis kuliner adalah bisnis yang menjanjikan karena pasar dari bisnis ini selalu ada dan terus…

13 hours ago

Branding Product Adalah Hal Penting yang Sering Dilupakan

Apakah Anda sering merasa mengapa produk dari bisnis Anda tidak bisa menarik perhatian target pasar…

2 days ago

Digital Marketing Menurut Para Ahli

Dengan semakin banyaknya pengakses internet hari ini, digital marketing menjadi semakin dilirik para pelaku bisnis…

1 week ago

Digital Marketing Tools

Saat ini, digital marketing semakin berkembang dan juga semakin banyak pelaku bisnis yang tertarik untuk…

1 week ago

Perbedaan Google Adwords dan Google Adsense

Ketika Anda terjun ke dunia digital, pasti  akan mendengar istilah Google Adwords dan Google Adsens.…

3 weeks ago

Manfaat Google Adwords

Belakangan ini, produk dari Google lainnya yang semakin menarik perhatian adalah Google Adwords atau juga…

3 weeks ago