Halaman Facebook adalah salah satu media pemasaran digital yang bisa mendatangkan banyak konversi bagi bisnis Anda. Apakah Anda sudah menggunakan halaman Facebook tapi tidak tahu bagaimana cara memaksimalkan halaman Facebook tersebut? Kalau iya, Anda membuka situs yang tepat, kali ini kita akan membahas bagaimana cara mengoptimalkan Facebook page untuk bisnis Anda.

Cara Mengoptimalkan Facebook Page

Halaman Facebook adalah salah satu fitur bisnis yang bisa sekali kita manfaatkan untuk menunjang promosi secara digital. Sudah banyak pelaku bisnis yang memanfaatkan fitur ini, tapi mereka tidak tahu bagaimana memaksimalkan halaman Facebook sehingga bisa mendatangkan keuntungan bagi bisnis.

Simak beberapa cara berikut ini:

1. Pilih Tipe dan Kategori Page yang Tepat

Pertama, bagaimana cara optimasi halaman Facebook juga tergantung dengan apa yang Anda juga dan bagaimana menjualnya.

Misalnya bisnis yang Anda jalankan adalah jenis jasa konsultasi, dimana jika ingin menggunakan jasa Anda seseorang terlebih dahulu harus melakukan janji, atau bisnis restoran yang mengharuskan pelanggan untuk datang langsung ke toko fisik. 

Facebook sendiri memiliki template awal untuk mempromosikan bisnis Anda. Untuk menemukannya, Anda bisa klik Settings dan klik Edit Page di sebelah kiri.

Template “default” yang diberikan Facebook ini dapat Anda ubah menjadi salah satu dari berikut ini:

  • Jasa
  • Perbelanjaan
  • Bisnis
  • Politisi
  • Tempat
  • Organisasi nirlaba
  • Restoran dan Kafe

Sebelum Anda memilih untuk mengubah dari template “default” lihat terlebih dahulu pengaturan yang disarankan untuk template termasuk urutan tab. Ini karena ketika Anda mengubah template berarti juga akan mengubah CTA (call to action) dan tombol yang tersedia pada toolbar.

2. Pilih CTA yang Berorientasi Penjualan

Tombol CTA yang ada pada halaman Anda adalah hal yang terpenting yang bisa mengarahkan apa yang harus dilakukan pengunjung. Ini juga sangat bisa Anda gunakan untuk mengoptimalkan Facebook page.

Dengan memilih tombol CTA yang tepat akan meningkatkan kemungkinan pengguna beralih ke konversi dan pembelian. 

Pilih Book Service jika layanan Anda cukup mudah dan Anda ingin mengoptimalkan appointments. Opsi Get in Touch jika bisnis Anda dapat dipercaya dan menjawab dengan cepat di Facebook, dan cara terbaik untuk memenangkan pelanggan adalah komunikasi satu per satu. .

Shop Now bila bisnis Anda menjual produk yang bisa dibeli dengan cukup cepat dan tanpa banyak pertanyaan yang perlu dijawab terlebih dahulu. Pilihlah Start Order atau CTA yang bisa dimodifikasi lainnya jika Anda adalah restoran yang ingin mengoptimalkan pesanan antar.

Pilih opsi Learn more (Pelajari Lebih Lanjut) jika produk atau layanan Anda rumit, mahal, atau tidak biasa bagi pengguna.

Mengoptimalkan Facebook page dengan Mengatur Shop Section

Facebook juga memberikan keleluasaan kepada Anda untuk menjual produk Anda secara langsung di Facebook. Terdapat bagian Shop, buka tab Shop untuk membuat etalase Facebook Anda. Pertama, setujui Persyaratan dan Kebijakan.

Selanjutnya, pilih metode checkout Anda. Anda dapat memilih dari dua pilihan: mengizinkan orang membeli dari Anda melalui Facebook atau dengan mengarahkan ke website Anda saat mereka klik sebuah produk.

Sekarang isi bagian “ describe what you sell“ dengan informasi tentang bisnis dan produk Anda sehingga pengguna pertama kali mengunjungi page Anda akan merasa lebih nyaman membeli dari Anda.

Klik Add Products untuk mulai menambahkan produk ke toko Anda. Anda dapat menambahkan beberapa foto, harga (bahkan harga on-sale), deskripsi, dan link tempat pengguna dapat membeli item tersebut. Mengatur produk menjadi koleksi memudahkan pengguna berbelanja. Anda dapat menambahkan harga jual sementara (on-sale) ke produk sesuai kebutuhan.

Tag Produk di Foto dan Video

Setelah Anda membuat halaman Facebook, tentunya Anda akan membuat beberapa konten untuk mengisi halaman tersebut. Konten yang Anda unggah juga bisa menjadi sarana untuk optimalkan Facebook page. Anda dapat menambahkan tag produk pada foto dan video. 

Anda dapat menandai produk yang ada di toko Facebook Anda, yang secara otomatis akan muncul untuk diberi tag di search bar. Jika Anda tidak memiliki toko dan produk yang terdaftar, pengguna hanya akan melihat nama produk saat mereka mengarahkan kursor ke atasnya. Ini masih merupakan keuntungan karena pengguna bisa mengenali produk yang mereka suka dan mencari sendiri.

Mengaktifkan Ulasan Pelanggan

Aktifkanlah bagian ulasan pelanggan. Ini salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk bisnis Anda bila ingin meningkatkan konversi. Jika bisnis Anda mendapat ulasan positif dari pelanggan , pengunjung yang pertama kali ke page Facebook Anda akan cenderung terkonversi.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengoptimalkan Facebook Page sehingga dapat mendatangkan konversi pada bisnis Anda. Pastikan juga Facebook Page Anda berisikan konten-konten yang berkualitas dengan bantuan jasa sosial media management. Dengan jasa sosial media management Anda tidak perlu pusing lagi memikirkan konten apa saja yang harus diunggah di halaman Facebook agar mereka dapat tertarik dengan produk Anda.