Apakah sekarang Anda sedang berencana untuk memiliki website bisnis? Kalau begitu, sebagai langkah awal Anda perlu memilih nama domain untuk website Anda. Langkah ini perlu Anda perhatikan karena nama tersebut akan menentukan kesuksesan website Anda.

Jika Anda memilih nama yang salah, bisa-bisa website Anda tidak dapat pengunjung. Lantas, bagaimana memilih nama website yang tepat? Mari simak dalam artikel berikut ini!

Tips Memilih Nama Domain untuk Bisnis

Agar kamu tidak gegabah dalam memilih nama domain, cobalah ikuti beberapa tips berikut ini.

1. Coba Gunakan Nama yang Singkat dan Gampang Diingat

Sebetulnya Anda bebas menentukan panjang atau pendeknya nama website. Tapi, akan lebih baik jika nama tersebut tidak terlalu panjang. Lalu seperti apa panjang nama domain yang baik? Sebagai patokan untuk Anda, janganlah membuat nama website yang berisi lebih dari tiga kata. Hal ini karena nama domain yang pendek lebih mudah diingat dan dihafal.

2. Domain Tidak Mengandung Unsur-Unsur yang Sulit Diketik

Bagaimana maksudnya? Maksudnya adalah nama tersebut tidak terlalu panjang, mengandung tanda hubung (-), orang belum tentu paham atau tahu bahwa domain Anda menggunakan tanda baca.

Perhatikan juga ejaan, pastikan gunakan ejaan baku. Contohnya daripada Anda menggunakan kata “baroe”, tentu akan lebih baik jika menggunakan “baru”. Lalu ada angka dalam domain. Memang penggunaanya tidak dilarang, tapi orang yang mengakses bisa saja keliru antara “sembilan” atau 9.

3. Coba Selipkan Kata Kunci

Pasti kita ingin website kita mudah ditemukan oleh Google. Salah satu cara melakukannya adalah dengan menyelipkan kata kunci terkait bisnis Anda dalam nama website.

Sebagai contoh, bila bisnis Anda menjual baju bekas. Jika memungkinkan, cobalah untuk memilih nama “bajubekasku.com atau jualbajubekas.com.

4. Pakai Nama Brand

Anda pasti sudah memiliki nama brand. Nama ini bisa Anda pergunakan sebagai domain agar menambah kepercayaan para pengunjung. Memakai nama brand juga menjadi alternatif yang baik dan mudah,

 

Baca Juga: Apa Itu Domain Authority? Pentingkah?

 

5. Pikirkan Risiko Jangka Panjang

Selain nama website yang keren, pertimbangkan lagi apa tujuan utama Anda membuat website. Ini karena nama domain akan menentukan reputasi website. Sebab, Google pun akan menelusuri identitas website dari domain yang bersangkutan. Jika Anda sering mengganti nama website, reputasi website Anda di Google Search akan mulai dari nol lagi.

6. Sesuaikan Ekstensi dengan Target Area

Nama ekstensi juga dapat membantu Anda untuk menemukan nama domin yang relevan. Hal ini karena ekstensi juga menjadi identitas dari website. Ekstensi atau nama-nama di belakang domain, seperti .com, .org, dan .net memiliki fungsinya masing-masing, seperti:

– .org: Biasanya digunakan oleh organisasi atau lembaga

– .bz: Digunakan untuk situs bisnis

– .info: Banyak digunakan untuk situs bersifat informatif

– .me : Biasanya digunakan situs atau blog pribadi

Namun, akan lebih baik jika Anda menggunakan ekstensi .com. Apalagi jika Anda ingin website SEO Friendly.

7. Pastikan Nama Domain Masih Tersedia

Tips memilih nama domain yang tidak kalah penting adalah memastikan bahwa nama tersebut masih tersedia. Bagaimana caranya? Anda bisa mengecek ketersediaan nama website dengan mengunjungi Wayback Machine. Di sana Anda bisa memastikan apakah nama website masih tersedia atau tidak. Selain itu, Anda juga bisa memastikannya di situs-situs yang menyediakan domain dan hosting.

8. Pilih Nama yang Sama dengan Media Sosial

Cara memilih nama domain selanjutnya adalah menyesuaikan dengan nama yang sudah Anda gunakan di media sosial bisnis Anda. Tujuannya adalah agar mendukung kredibilitas bisnis Anda dan identitas online Anda juga semakin terkenal.

Itulah langkah-langkah dalam memilih nama domain bagus untuk website bisnis Anda.

Jika Anda butuh bantuan untuk membangun website bisnis yang sudah SEO tapi harganya masih terjangkau. Jasa pembuatan website murah DOTNEXT siap membantu Anda. Kami menyediakan banyak pilihan templet yang bisa dikustomisasi sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Jika masih ragu, Anda bisa konsultasi gratis dengan kami.

jasa pembuatan website murah