Mengenal tentang Digital Marketing

pengertian digital marketing – Jika anda belum memahami apa pengertian digital marketing, jenis-jenis pemasaran dan manfaat memahami apa itu digital marketing. Jangan khawatir, kami akan memberikan informasi tentang Digital Marketing. jasa digital marketing.

Dari situlah, Anda akan memahami semuanya dalam Pengertian Digital Marketing. Oleh karena itu, jangan lewatkan informasi apapun. Baca informasi penting dengan benar, sehingga Anda mendapatkan pengetahuan yang sangat berguna.

Mengapa? Sebab, membaca merupakan hal yang sangat penting untuk pengetahuan. Pepatah mengatakan, membaca sebelum melakukan sesuatu atau memahami sebelum melakukan sesuatu.

Pengertian Digital Marketing

Digital marketing dapat didefinisikan sebagai bisnis yang menggunakan internet, perangkat seluler, media sosial, mesin browser, dan saluran digital lainnya untuk menjangkau konsumen dalam proses pemasaran. Pemasaran dengan metode pemasaran digital merupakan cara baru yang cukup mampu memahami perilaku pelanggan serta cara mendekati mereka.

Jika dibandingkan dengan traditional marketing, digital marketing memiliki keunggulan pada sektor penjangkauan dan teknologi kecerdasan buatan yang dapat mempelajari perilaku calon pelanggan di dunia maya.

Dalam praktiknya, pemasaran digital dilakukan dengan menggunakan perangkat elektronik untuk menyampaikan pesan promosi untuk mengevaluasinya. Beberapa bentuk pemasaran digital yang umum adalah video, iklan bergambar, unggahan media sosial, dan sebagainya. Meski begitu, iklan di televisi saat ini masuk dalam ranah traditional marketing karena tidak bersifat interaktif atau dua arah seperti umumnya di ranah internet.

 

 

Baca Juga: Tips Belajar Digital Marketing

 

 

Jenis Digital Marketing

Secara umum, ada dua jenis digital marketing, yaitu:

Push Digital Marketing

Jenis pemasaran digital mengacu pada berbagai upaya untuk mempromosikan produk atau layanan tanpa persetujuan terlebih dahulu dari calon pelanggan. Beberapa strategi pemasaran yang masuk dalam kategori ini adalah membuat blog, website, memasang iklan di berbagai website, mengirimkan email promosi hingga email konsumen dan juga mengirimkan SMS berisi promosi produk ke nomor handphone masyarakat.

Keunggulan digital marketing adalah memberikan data yang lebih lengkap, mampu menyasar calon pelanggan yang tepat, dapat berlangsung secara konsisten dan juga dapat mengirimkan konten promosi tepat waktu. Kekurangannya antara lain biaya yang relatif mahal, target pelanggan potensial yang tidak terlalu besar, dan kemungkinan sulit ditemukan.

Pull Digital Marketing

Berbeda dengan jenis push digital marketing dimana calon pelanggan berada pada sisi pasif atau hanya sebagai penerima, jenis pull digital marketing mengacu pada keaktifan calon pelanggan dalam mencari informasi mengenai produk atau jasa yang mereka butuhkan. Kegiatan SEO atau Search Engine Optimization yang bertujuan untuk memaksimalkan penggunaan mesin pencari sangat erat kaitannya dengan jenis pemasaran ini.

SEO memungkinkan website atau blog dari suatu produk berada di halaman pertama hasil pencarian mesin pencari, yang akan meningkatkan kemungkinan untuk dikunjungi. Dengan menggunakan teknik SEO, pemasar akan dapat menjawab kebutuhan konsumen dalam menemukan apa yang mereka butuhkan di internet, dan secara tidak langsung berhasil menarik strategi digital marketing.

Keuntungan dari pemasaran digital jenis ini adalah ukuran konten yang tidak terbatas dan fleksibilitas dalam menyimpan dan menampilkan konten. Kekurangannya antara lain tingkat kesulitan yang tinggi agar konsumen dapat menemukan konten yang telah dibuat dan kemungkinan diblokir jika konten tercampur.

Manfaat Digital Marketing

Manfaat pemasaran digital antara lain:

  • Digital Marketing menghubungkan Anda dengan konsumen di Internet.
  • Digital Marketing menghasilkan penjualan yang tinggi.
  • Pemasaran Digital membuat Anda lebih efisien.
  • Pemasaran digital memungkinkan layanan pelanggan waktu nyata.
  • Digital Pairing menghubungkan Anda dengan konsumen yang menggunakan perangkat Mobile.
  • Pemasaran Digital membantu menghasilkan pendapatan tinggi.
  • Pemasaran Digital mempertahankan posisi Anda terhadap pesaing.
  • Digital Marketing membantu Anda bersaing dengan perusahaan besar.
  • Digital Marketing mempersiapkan Anda untuk era internet of things.

Demikian pembahasan mengenai digital marketing, semoga artikel ini bermanfaat. Untuk Anda yang ingin membangun bisnis, Anda bisa gunakan jasa digital marketing di Jakarta yaitu Dotnext Digital.