People also ask, pastinya Anda pernah melihat salah satu fitur Google yang satu ini ketika Anda melakukan pencarian di mesin pencari Google. People also ask biasanya berisi mengenai pertanyaan yang biasanya muncul di mesin pencari. Misalnya ketika Anda mengetik kata kunci tertentu, kemudian munculah pertanyaan yang juga ditanyakan oleh orang lain pada bagian bawah halaman pencarian.

Tapi, apa sebenarnya people also ask? Hingga bagaimana cara mengoptimasi people also ask Google? Untuk Anda yang ingin mengetahui hal tersebut, Anda bisa membaca ulasan berikut ini sampai selesai. Karena, dalam kali ini kami akan membahas lebih lanjut mengenai PAA. Mari langsung saja kita mulai ke pembahasannya.

 

Apa itu People Also Ask?

PAA atau people also ask adalah salah satu fitur search engine result pages dari Google. PAA memiliki tujuan untuk menjawab pertanyaan terkait hasil pencarian yang dicari oleh pengguna di mesin pencarian Google. Jawaban yang dimunculkan biasanya dalam bentuk halaman website yang bisa diklik oleh pengguna, jika mereka ingin mendapatkan jawaban atau ingin membaca lebih lanjut tentang informasi tersebut.

Komponen People Also Ask

Agar Anda bisa memaham PAA ini dengan baik, setidaknya terdapat tiga karakteristik yang harus dipahami. Berikut ini adalah penjelasan mengenai tiga karakteristik tersebut:

Posisi Kemunculan People Also Ask

PAA bisa muncul di berbagai urutan pada hasil pencarian. Misalnya seperti, pada pencarian cara membuat konten, PAA muncul di posisi satu di bawah feature snippet. Sementara itu untuk pencarian dengan keyword cara memposting konten, kolom PAA baru muncul di posisi ketiga. Lalu, fitur PAA bisa saja tidak muncul pada sebuah hasil pencarian. Tapi, menurut data dari SEMRush, menunjukkan kalau PAA pada umumnya berada di posisi tiga teratas. Tentunya fitur PAA ini sangat penting untuk diperhatikan agar website yang Anda kelola bisa mendapatkan traffic.

Format Jawaban People Also Ask

PAA bisa muncul dalam bermacam-macam format. Misalnya seperti paragraf, tabel, daftar, sampai dengan video. Tentunya, hal tersebut harus jadi perhatian Anda, terutama jika Anda ingin mengoptimasi konten untuk PAA.

 

 

Sumber Jawaban People Also Ask

Komponen yang terakhir yang perlu diketahui adalah sumber jawaban dari PAA. Sumber jawaban untuk pertanyaan pada PAA, biasanya akan berasal dari sumber yang sama. Misalnya, pada pencarian keyword mengenai cara merapikan feed Instagram. Anda dapat menemukan pertanyaan kenapa feed IG harus menarik. Walaupun kedua kata kunci jelas memiliki tujuan, serta hasil SERP yang berbeda, sumber jawaban yang digunakan oleh Google untuk menjawab pertanyaan tersebut pada kolom PAA berasal dari sumber yang sama.

 

Baca Juga: Featured Snippet, Ketahui Apa itu Definisi dan Lainnya di Sini!

 

Cara Mengoptimasi People Also Ask

Setidaknya terdapat tiga tahapan mudah yang bisa Anda jadikan panduan sebagai optimasi konten website Anda untuk PAA. Ketiga diantaranya adalah menentukan pertanyaan yang ingindijawab, kemudian menentukan konten yang ingin dioptimasi, selanjutnya jawab pertanyaan tersebut sesuai dengan format yang Google. Salah satu kunci agar konten Anda bisa masuk ke dalam hasil PAA adalah dengan menjawab pertanyaan yang tepat.

 

Tentukan Pertanyaan yang Tepat

Terdapat beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan pertanyaan yang tepat. Anda dapat memanfaatkan tools pencarian kata kunci seperti SEMRush. Pada tools SEMRush, Anda bisa memasukkan kata kunci  yang ingin Anda riset lebih mendalam, pada fitur Keyword Magic Tool. di fitur tersebut, Anda bisa menggunakan filter untuk mencari kata kunci dalam bentuk pertanyaan apa saja yang bisa muncul dalam kolom PAA.

Selain menggunakan tools yang berbayar, Anda juga bisa menggunakan tools semi berbayar, misalnya seperti also asked. Dengan tools ini, Anda bisa melakukan tiga pencarian gratis per hari, untuk mendapatkan pertanyaan yang sesuai dengan keyword yang Anda masukkan. Tools ini, memiliki kelebihan di mana Anda bisa mengetahui pertanyaan apa yang muncul, ketika seorang pengguna mencari menggunakan keyword yang berkaitan.

 

Menentukan Konten yang Akan Dioptimasi

Selanjutnya, jika Anda sudah menemukan Pertanyaan yang dirasa tepat untuk dijawab, berikutnya Anda harus menentukan konten yang akan dioptimasi. Untuk menentukan konten mana yang akan dioptimasi ini, pastikan Anda harus memperhatikan relevansi. Karena, pastinya Anda tidak ingin para pengguna mendapatkan jawaban yang salah, karena bisa saja menyebabkan website Anda dipandang sumber yang tidak terpercaya dimata pengguna.

Anda memiliki website dan ingin halaman website Anda berada di halaman teratas mesin pencarian? Tenang saja, Anda bisa gunakan jasa SEO di Jakarta yaitu DOTNEXT. Tidak hanya itu saja, Anda juga bisa gunakan jasa lain seperti jasa pembuatan website, digital marketing, dan lainnya.

Sekian ulasan mengenai people also ask, semoga ulasan tersebut bermanfaat untuk Anda dalam memahami lebih lanjut mengenai PAA.

Mari konsultasikan bisnis Anda , gratis.