Belakangan ini, content writer dan content creator menjadi pekerjaan yang mungkin sudah sering Anda dengar. Namun apakah Anda tahu perbedaan content writer dan content creator? Jika belum, jangan sedih, karena ternyata masih banyak orang yang tidak bisa membedakannya. 

Agar Anda tidak salah lagi membedakan pekerjaan digital marketing yang satu ini, berikut ini pembahasannya untuk Anda.

Perbedaan Content Writer dan Content Creator

Semakin tingginya kebutuhan dan kesadaran orang dengan digital marketing, membuat pekerjaan content writer dan content creator semakin dibutuhkan. Kemiripan nama keduanya membuat beberapa orang sulit untuk memahami perbedaan content writer dan content creator. 

Pengertian Content Writer

Sebelum kita membedah apa perbedaan keduanya mari kita membahas pengertian keduanya terlebih dahulu.

Content writer adalah penulis profesional yang di mana tulisan tersebut akan di publikasikan di internet. Tujuannya  dan tanggung jawab dari content writer adalah menarik banyak pembaca untuk meningkatkan pembaca yang mengunjungi website. 

Apakah tugas content writer hanya sesederhana menulis saja? Tentu tidak, seorang content writer juga harus punya kemampuan dalam meriset. Riset ini diperlukan untuk mengembangkan konten yang dituangkan menjadi tulisan. Riset yang dilakukan bisa berupa wawancara atau juga sekadar mencari-cari data di internet. 

Para content writer pun harus konsisten dalam memperbanyak konten artikel yang ada dalam website dan tentunya tanpa melupakan kualitas dari artikel itu sendiri. Content writer juga bertanggung jawab untuk menulis media lainnya yang dibutuhkan.

Pengertian Content Creator

Meskipun memiliki nama yang hampir serupa, tapi mereka punya pengertian yang berbeda. Lingkup kerja dari content creator lebih luas lagi daripada content writer. Tidak hanya berfokus pada pembuatan artikel, seorang content creator juga bertanggung jawab membuat video, membuat gambar dan produk konten digital lainnya.

Lingkup Kerja 

Setelah Anda mengetahui apa itu pengertian content writer dan content creator, sekarang mari kita bahas mengenai perbedaan dari segi lingkup kerja.

Seperti yang sudah kita singgung di atas, content writer lebih fokus pada membuat artikel atau bentuk lainnya seperti newsletter atau media apapun. 

Jadi, pekerjaannya terbatas pada melihat tren yang sedang ramai dibicarakan, mencari topik, lalu menulis konten. 

Content creator juga menulis, tetapi tanggung jawab yang dimiliki sedikit lebih banyak saja. 

Biasanya, mereka juga harus membuat konten foto atau video, copywriting yang menarik perhatian, dan bahkan memikirkan strategi marketing yang harus digunakan.

Kemampuan yang Harus Dimiliki

Lalu, selain lingkup kerja, perbedaan lainnya adalah kemampuan yang dimiliki. 

Content writer harus punya kemampuan dalam menulis tentunya, selain itu, ia harus juga memiliki kemampuan mengedit tulisannya sendiri sampai cukup enak untuk dibaca, riset topik, dan juga memahami prinsip dasar SEO (search engine optimization).

Mengapa harus punya kemampuan SEO? 

Content writer yang punya kemampuan SEO membuat kinerja artikel yang ia tulis lebih optimal dan tentu saja akan mendatangkan trafik website yang lebih tinggi 

Nah, untuk content creator yang baik harus memiliki kemampuan riset yang baik, bisa menjadi editor, penulis, serta memahami dasar-dasar desain. Content creator biasanya juga harus bisa memproduksi foto dan video yang menarik, agar target pasar tetap tertarik dengan konten yang diproduksi. 

Ia diharapkan bisa memproduksi konten yang menarik bagi target pasar, sekaligus memperhatikan tone dari brand atau perusahaan yang diwakili.

Media yang Digunakan

Perbedaan lainnya adalah media yang digunakan.  Content writer sangat akrab dengan blog, atau juga newsletter yang akan dikirim ke email pelanggan. Sedangkan content creator lebih berfokus ke pembuatan konten di berbagai macam media sosial.

Sebagai contoh, ada content creator yang berfokus ke pembuatan konten di Instagram baik itu foto atau video, seorang YouTuber membuat konten video di YouTube, dan masih banyak lagi.

Itulah beberapa perbedaan content writer dan content creator, Anda bisa mendapatkan keduanya bila bekerjasama dengan jasa digital marketing Jakarta profesional. Tentu ini akan lebih menghemat waktu dan pengenluaran Anda. Anda juga bisa lebih fokus mengurus bisnis.