Categories: Facebook Bisnis

Perbedaan Fanpage dan Profile Facebook

Sampai hari ini, ternyata masih banyak orang yang belum bisa membedakan fanspage dan profile pribadi. Sehingga tidak jarang kita menemukan halaman profile Facebook dijadikan tempat untuk berjualan atau promosi. Padahal Facebook telah memberikan fasilitas untuk promosi dan berjualan dengan Fanspage. Lalu, sebenarnya apa perbedaan fanspage dan profile Facebook? Mari simak lebih lanjut di bawah ini!

Perbedaan fanpage dan profile Facebook

 

Profile Facebook

Fitur profile Facebook adalah fitur pertama yang dihadirkan oleh Facebook. Fitur ini diperuntukan untuk individu. Di mana akun diberikan ketika Anda mendaftar Facebook, Anda hanya diperkenankan untuk membuat satu halaman Facebook yang berisi profile lengkap tentang Anda.

Tidak ada informasi mengenai bisnis atau hal-hal yang berbau komersial karena memang ini adalah akun yang mewakili individu setiap orang. 

Profile Facebook juga menjadi tempat untuk Anda berbagi momen-momen berharga, dan perasaaan Anda kepada teman-teman. Anda juga dapat melihat pos dan pembaruan dari teman Anda di news feed.

Pengguaannya memang diperuntukan untuk pribadi. Bukan untuk keperluan bisnis, menggunakan profile Facebook untuk bisnis adalah sebuah pelanggaran dari ketentuan layanan Facebook dan bisa dapat mengakibatkan Facebook menghapus akun Anda sewaktu-waktu.

 

Fanspage Facebook

Menjawab kebutuhan penggunanya, Facebook menghadirkan satu fitur khusus untuk para pelaku bisnis , organisasi, merek, atau tokoh masyarakat untuk melakukan pemasaran dan berinteraksi dengan pelanggan dengan Fanspage. Samahalnya dengan profile Facebook, pada halaman Fanspage, Anda juga bisa untuk membagikan berita, gambar, dan video.

Tapi perbedaan fanspage dan profile Facebook sangatlah jelas. Di mana adanya alat ukur yang unik yang hanya ada dan dimiliki Fanspage, yang berguna untuk mengelola dan melacak engagement dari tiap konten yang kita bagikan. Selain itu juga, perbedaan fanspage dan profile Facebook lainnya adalah Anda tidak hanya bisa membuat satu profile dari nama Anda.

Untuk fanspage, Anda bisa memiliki sejumlah fanpage yang tidak terbatas yang dikaitkan dengan akun Anda. Anda juga dapat menambhakna beberapa orang untuk mengolah halaman. Fanspage juga memungkinkan Anda untuk mempromosikan halaman Anda dengan beriklan. 

Pengguna lainnya hanya bisa melihat konten yang Anda berikan jika mereka sudah menyukai dan mengikuti halaman Anda. 

Mengoptimalkan fanpage Facebook untuk bisnis online

Setelah Anda mengenal perbedaan fanspage dan profile Facebook, sekarang mari kita mengetahui lebih dalam tentang fanspage Facebook untuk bisnis.

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan, seperti berikut ini:

1. Pilih tipe dan kategori yang tepat

Setiap bisnis berbeda dan tentunya membutuhkan penanganan yang berbeda. Cara mengoptimalkan fanspage Facebook pertama adalah Anda harus memilih kategori yang tepat, tergantung produk apa yang Anda tawarkan, dan bagaimana menawarkannya.

Facebook memiliki template page awal yang membantu Anda untuk mempromosikan produk dengan sangat efektif. Untuk menemukan template ini, cobalah Anda masuk pada bagian Setting lalu pilih Edit Page.

Setelah masuk, Anda dapat mengubahnya sesuai dengan jenis bisnis Anda, seperti berikut ini: 

  • Jasa.
  • Perbelanjaan.
  • Bisnis.
  • Politisi.
  • Tempat.
  • Organisasi nirlaba.
  • Restoran dan Kafe.

Namun sebelum mengubahnya, ada hal yang perlu Anda perhatikan, yaitu  lihat pengaturan yang disarankan untuk template (termasuk urutan tab). Mengubah template juga akan mengubah tombol yang tersedia pada toolbar.

Anda juga dapat menjelajahi beberapa template yang tersedia. Untuk menjelajahi berbagai template dan mengubahnya, Anda cukup klik tombol Edit di sebelah kanan template yang ada.

 

2. Pilih tombol toolbars yang tepat

Tombol toolbars yang biasanya adalah CTA (Call To Action) di fanspage memainkan peranan penting, itu adalah tombol yang digunakan sebagai arahan pengunjung tentang apa yang harus dilakukan.

Memilih dan menggunakan tombol CTA yang tepat untuk Facebook page Anda akan meningkatkan kemungkinan pengguna beralih ke konversi dan pembelian. Jadi, bila Anda ingin mengoptimalkan fanspage Anda, jangan lupakan hal satu ini.

Untuk mengubah tombol CTA Anda, klik pada page Facebook Anda. Anda kemudian akan melihat banyak pilihan berbeda yang dapat Anda pilih.

 

3.Aktifkan ulasan dan review

Cara untuk mengoptimalkan fanspage Facebook selanjutnya adalah dengan mengaktifkan review. Ini adalah cara terbaik untuk Anda meningkatkan konversi. Ulasan dari pelanggan lain juga dapat menambah kepercayaan pelanggan. Jika bisnis Anda mendapat ulasan positif dari pelanggan , pengunjung yang pertama kali ke page Facebook Anda akan cenderung terkonversi.

Untuk memeriksa apakah review tersebut bisa diaktifkan untuk page Anda, masuk ke Settings dan klik Edit Page. Kemudian scrool ke bawah di tab Review dan klik tombol Settings.

 

DOTNEXT DIGITAL

Recent Posts

Cara Daftar Facebook Business Manager di Facebook

Sebelumnya, kita sudah membahas tentang pentingnya saat ini menggunakan Facebook Business Manager.  Lalu, jika kita…

2 days ago

Facebook Business Manager, Fitur Unggulan dari Facebook

Perkembangan dunia digital selalu menawarkan hal-hal yang dinamis, dan tidak pernah berhenti disatu titik. Begitu…

4 days ago

Fungsi Search Engine

Search engine bukan lagi menjadi hal yang asing tentunya untuk kita semua. Dalam kehidupan kita…

3 weeks ago

Apa Itu Search Engine

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan search engine, di keseharian kita tak terlepas menggunakan…

1 month ago

Contoh Website Company Profile Terbaik

Di era internet seperti hari ini, perusahaan harus bisa eksis dan ditemukan. Caranya tentu saja…

2 months ago

Tips Desain Produk Kreatif

Dalam dunia bisnis, ada banyak sekali yang memengaruhi keberhasilan berbisnis. Salah satunya adalah desain kemasan…

2 months ago