Categories: Digital Marketing

Perbedaan SEO & SEM, Mana yang Perlu Digunakan?

Dunia pemasaran digital berkembang dengan begitu pesat. Apakah bisnis Anda salah satu yang sudah menggunakan pemasaran digital? Pemasaran digital ada banyak bentuknya seperti SEO, dan SEM. Kedua teknik ini terdengar sama tapi sebenarnya berbeda dalam penerapannya. Apakah perbedaan SEO dan SEM, manakah yang perlu diterapkan terlebih dahulu?

Mari simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Apa itu SEM dan SEO

Sebelum kita membahas mengenai perbedaan, mari terlebih dahulu kita menyinggung mengenai pengertian dari keduanya.

1. Apa itu SEM

SEM atau Search Engine Marketing adalah bentuk pemasaran website melalui mesin pencari dengan meningkatkan visibilitas website itu sendiri di mesin pencari. Taktik yang digunakan bisa berbayar maupun organik. Organik yang dimaksud di sini adalah dilakukan tanpa berbayar.

2. Apa itu SEO

SEO atau kepanjangan dari Search Engine Optimization adalah sebuah teknik untuk membuat website masuk dalam SERP (Search Engine Result Page) yang strategis sesuai dengan keyword yang sudah ditentukan. Tujuannya tentu saja agar website banyak mendapatkan kunjungan melalui hasil penelusuran di mesin pencarian seperti Google.

Secara esensial, SEO termasuk dalam SEM, ada dua komponen dalam SEO, yaitu:

a. On-Page Optimization

On-Page SEO atau juga bisa disebut On-Site Optimization adalah cara mengoptimasi website yang Anda lakukan di dalam website atau blog secara langsung dengan tujuan agar lebih “ramah” di mesin pencari.

Cara penerapan On-Page ini bisa dengan penggunaan keyword, penggunaan tag, meta deskripsi, penggunaan heading (H1, H2, H3) yang tepat, optimasi gambar, kecepatan loading situs, dan masih banyak lainnya.

b. Off- Page Optimization

Jika On-Page Anda melakukan optimasi di dalam website, nah untuk Off-Page optimasi Anda lakukan di luar website. Pada bagian ini Anda melakukan aktivitas promosi yang bertujuan untuk mengangkat reputasi website. Cara promosi yang bisa Anda lakukan adalah dengan inbound link, outbound link hingga membagikan di media sosial.

Salah satu kesalahpahaman yang sering terjadi pada Off-Page adalah Anda hanya harus berfokus pada link building. Padahal Off-Page jauh lebih luas lagi.

Ada beberapa langkah Off-Page yang bisa dilakukan, seperti:

  1. Link building
  2. Listing bisnis
  3. Brand mention di media sosial
  4. Google Bisnisku
  5. Review
  6. Share di media sosial

Perbedaan SEO dan SEM

Setelah mengenal kedua istilah baik SEO dan SEM, lalu apa perbedaan dari keduanya?

SEO dapat meningkatkan jumlah pengunjung website dengan membuat website Anda muncul di peringkat teratas pada hasil penelusuran. Sedangkan SEM memiliki jangkauan yang lebih besar. Dalam SEM, SEO hanyalah sebuah komponen, SEM mencakup komponen pencarian berbayar seperti Google Adwords.

Apa Bedanya dengan Google Search Network dan Google Adwords?

Google Search Network adalah bagian dari iklan Google Adwords.Google Adwords punya 2 mode iklan yaitu Google Search Network dan Google Display Network.

Mana yang Harus Diterapkan Lebih Dahulu SEO atau Google Search Network?

Anda sudah mengenal apa itu SEO dan Google Search Network lalu mana yang terbaik dan harus diterapkan terlebih dahulu? Mari kita bahas secara mendetail.

1. Iklan Google Ads= Cepat, SEO= Tahan Lama

Jika Anda menerapkan Google Ads, Anda hanya perlu melakukan setting awal dari sebuah kampanye saja dan sistem akan langsung menampilkan iklan hanya dalam waktu 30 menit.

Sementara, untuk strategi SEO waktu yang Anda butuhkan untuk berada di hasil pencarian.

Saat sebuah artikel atau halaman baru dipublikasikan, dengan strategi tertentu  Anda bisa melihat dalam top 10 Google dalam kurun waktu 2 bulan, namun biasa sebuah artikel atau halaman baru stabil dalam halaman top 10 Google dalam waktu 2 bulan atau 6 bulan, dan ini bisa bertahan lebih lama bila Anda dapat menargetkan kata kunci yang memiliki banyak persaingan.

2. Google Ads= Jangkauan lebih luas, SEO= Semua halaman adalah landing page

Dalam Google Ads, ribuan kata kunci diincar dalam waktu bersamaan, sementara untuk SEO semua halaman website adalah landing page atau tempat masuk bagi situs website Anda. Artinya, dalam SEO jika semakin banyak halaman yang relevan dan berkualitas maka semakin banyak pelanggan yang bisa Anda dapatkan.

3. Google Ads= Mudah dipelajari, SEO=  Tidak baku dan penuh asumsi

Anda bisa mempelajari Google Ads dengan mudah, Google sendiri menyediakan platform untuk mempelajarinya yaitu Academy for Ads, bahkan Google juga mengadakan program sertifikasi. Namun berbeda dengan SEO yang aturannya baku dan tidak pernah dipublikasikan.

Bahkan Google sendiri hanya menyediakan satu halaman untuk panduan SEO dalam situsnya.

Hingga kini, Google tidak berterus terang mengenai algoritma ranking dalam SERP bekerja. Tantangan lain adalah Google selalu membuat update algoritma mereka untuk dapat mengindeks situs yang relevan dan menghilangkan cara-cara nakal para konsultan SEO yang mengeksploitasi algoritma sebelumnya. Metode ini dikenal dengan sebutan BlackHat SEO. Untuk itu, jika Anda tertarik menggunakan jasa konsultan SEO Anda harus berhati-hati, dan pastikan mereka kredibel.

4.Google Adwords= Promosi, SEO= Kepercayaan

Ini adalah perbedaan Google Adwords yang masuk dalam SEM dan SEO yang sangat penting. Dalam Google Adwords, lebih menonjolkan sisi promosi atau selling sementara SEO adalah untuk membangun brand atau branding jangka panjang. Sementara Google Adwords untuk penjualan jangka pendek dengan cepat.

Bagaimana SEM dan SEO saling membantu?

Dengan SEM dari Google Ads, Anda akan sangat terbantu untuk menganalisis performa situs, tes performa ini sangat bagus untuk Anda ketahui sebelum meluncurkan situs. Google Ads dapat membantu Anda dengan cepat tanpa perlu waktu berbulan-bulan.

Selain menganalisa performa, Google Adwords juga membantu Anda menentukan kata kunci yang tepat melalui Dynamic Search Ads, di mana Google akan mencari kata kunci paling relevan untuk situs Anda.

SEO pun bisa membantu dengan kata kunci yang Anda promosikan. Untuk menentukan mana yang paling Anda butuhkan, perhatikan hal berikut.

Gunakan SEO bila:

  • Orientasi Anda bukan untuk penjualan
  • Anda memilih untuk tidak bergantung pada biaya bulanan
  • Bisnis Anda bukan sesuatu yang mudah melakukan transaksi secara online

Gunakan SEM bila:

  • Anda ingin mendapatkan respon pelanggan yang tepat
  • Fokus Anda pada penjualan
  • Produk Anda baru dan ingin mendapatkan tes dari pasar
  • Pesaing Anda sudah menggunakan SEM.

DOTNEXT DIGITAL

Recent Posts

Manfaat Konten Marketing

Persaingan bisnis memang tidak bisa dipungkiri lagi begitu ketatnya. beberapa usaha kecil terkadang sulit bersaing…

5 days ago

Manfaat Google Adwords Selain Beriklan

Dalam artikel sebelumnya, kita sudah pernah membahas secara mendalam mengenai Google Adwords untuk keperluan meningkatkan…

1 week ago

Biaya Google Adwords dan Cara Menentukan Anggaran Beriklan

Di era digital seperti saat ini, banyak sekali platform-platform digital yang dapat kita manfaatkan untuk…

2 weeks ago

5 Contoh Konten Media Sosial Terbaik Untuk Optimasi Bisnis Anda

Hari ini, bisnis kita seperti ketinggalan zaman bila tidak mempunyai media sosial. Bisa dikatakan media…

2 weeks ago

Apa itu Google Analytics

Kegiatan digital marekting memungkinkan semua kegiatan dapat terukur pencapaiannya. Baik itu penerapan menggunakan website, menggunakan…

3 weeks ago

Cara menguji kecepatan internet

Internet saat ini sudah menjadi kebutuhan wajib setiap orang. Bahkan hari akan terasa kurang jika…

3 weeks ago