Categories: website development

Perbedaan WordPress dan Framework, Mana yang Lebih Baik?

Saat ini, website memainkan peranan penting dalam pemasaran, terutama sebagai digital marketing strategi.Website menjadikan perusahaan mudah ditemukan, lebih kredibel, dan meningkatkan penjualan. Penggunaan website yang paling sering digunakan adalah WordPress dan Framework. Bagi Anda yang mungkin awam pasti bertanya-tanya, apa perbedaan wordpress dan framework, mana yang lebih sesuai untuk website perusahaan saya?

 

Pengertian Framework

Secara sederhana, Framework merupakan sebuah kerangka kerja aplikasi web yang didasari pada coding. Dalam penggunaanya, seorang programmer membuat aplikasi atau web yang isinya adalah berbagai fungsi, plugin, dan konsep sehingga menjadi sistem tertentu. 

Menggunakan framework berarti kita tidak bisa lepas dengan yang namanya coding. Programmer sebagai pengembang akan menggunakan variabel dan fungsi yang ada di Framework tersebut. 

Sejauh ini, Framework yang sering digunakan untuk pemrograman website adalah Framework PHP dan Framework CSS. Untuk Framework PHP sendiri, idealnya dibutuhkan pengetahuan pengerjaan kode. Framework PHP merepresentasikan fondasi sederhana dalam membangun situs, menyediakan beberapa elemen yang diperlukan. Tetapi Framework membutuhkan pekerjaan yang lebih banyak. Dengan demikian, keterampilan pengkodean sangat dibutuhkan.

Tidak hanya itu, anggaran dalam pengembangan situs yang dibutuhkan sangat besar. 

 

Pengertian WordPress

WordPress adalah sebuah Content Management System (CMS) yang sangat populer dan digunakan oleh jutaan website perusahaan. CMS membantu Anda membuat konten dan merancang situs, dengan antarmuka dan visual yang memudahkan.

Tidak hanya itu, dengan WordPress Anda dapat memperluas fungsi fitur inti yang diatur dengan beberapa plugin untuk membuat website “out of the box”.

Ketika Anda menggunakan WordPress untuk website Anda, itu memberikan kemudahan dan segalanya yang Anda butuhkan. Dengan begitu akan banyak pengguna yang mempercayai situs Anda.

Bahkan, WordPress disebut sebagai CMS yang paling banyak digunakan perusahaan besar dunia. Hal ini karena sifatnya yang sangat mudah disesuaikan, komunitas WordPress juga besar dan sejumlah besar pilihan hosting yang berkualitas.

 

Perbedaan WordPress dan Framework

Sekarang mari kita lihat perbedaan dari perbedaan WordPress dan Framework secara spesifik. Berikut ini faktor-faktor utama yang menggambarkan kedua perbedaannya.

1. Keamanan

Saat membuat website, keamanan menjadi kunci utama. Kegagalan mengamankan situs  Anda dengan benar, dapat menyebabkan data sensitif jatuh ketangan orang yang tidak bertanggungjawab. Yang pada akhirnya pasti merugikan baik secara keuangan dan hukum.

Dalam hal ini, CMS WordPress dapat memberikan jaminan keamanan yang lebih baik daripada Framework PHP. Anda dapat menambahkan solusi keamanan apapun yang Anda butuhkan dalam situs Anda dengan memasang plugin.

 

2. Fleksibilitas

Meskipun awalnya WordPress ditujukan untuk blogging dan sejenisnya, WordPress juga dapat mendukung berbagai situs dengan tujuan lainnya. Dengan WordPress Anda dapat menjalankan website kompleks hingga membuat situs e-Commerce dengan layanan lengkap, mulai dari daftar barang, obrolan, hingga pemesanan. 

 

3. pembaharuan

Internet adalah sebuah teknologi yang terus berkembang. Karena itu, Anda harus terbiasa dengan pembaharuan dan perbaikan bug yang konsisten. Tentu saja itu semua untuk memfasilitasi pengunjung website Anda. 

Jika Anda menggunakan CMS seperti WordPress, Anda akan terus mendapatkan upgrade untuk menambah fitur baru, memperbaiki bug, meningkatkan keamanan, hingga implementasi umpan balik pengunjung. 

Sebaliknya, Framework PHP tidak mempunyai kebaruan secara konsisten. Ini karena tanggungjawab untuk meningkatkan fungsional dan keamanan semua adalah tugas dari programmer dengan coding mereka. 

 

4. User Experience

User Experience (UX) atau pengalaman pengguna adalah hal yang penting ketika pengembangan sebuah website. Dan hal ini sering menjadi permasalahan banyak kalangan untuk terus melakukan pengembangan dalam hal memuaskan pengunjung. Kemudahan penggunaan platform yang dipilih memainkan peran besar dalam efisiensi dan efektifitas laman Anda.

Seperti yang dikatakan, karena Framework bekerja dengan bahasa pemrograman, biasanya UX jadi sangat dasar. 

Sementara itu, CMS seperti WordPress memiliki Graphic User Interface (GUI) yang menarik. Ini akan ideal untuk Anda yang ingin tampilan yang menarik baik untuk pengembang maupun pengguna.

 

5. Site Rank

Searchability adalah hal yang membuat Anda berada pada peringkat tinggi dalam mesin pencarian seperti Google. Kata kunci WordPress cenderung dapat membuat Anda menempati peringkat tinggi dalam pencarian. Hal ini karena upgrade yang terus menerus dan juga berbagai plugin untuk mengoptimalkan konten SEO. 

 

Alasan WordPress Lebih SEO Friendly

Tujuan dari membangun website adalah agar Anda terhubung dengan target konsumen Anda dan tentu saja agar mudah terhubung, pertama-tama Anda harus mudah ditemukan. Tapi, bagaimana cara agar website Anda mudah ditemukan? Salah satu caranya adalah dengan SEO. 

Namun, keadaan SEO selalu berubah-ubah setiap saat. Beruntung, WordPress dapat menyesuaikan perubahan-perubahan yang terjadi dalam SEO dengan keunggulannya. 

Statistik bahkan menunjukan bahwa WordPress menguasai 22,3% dari semua website di dunia. Bahkan menguasai 60% dari penggunaan CMS lainnya. 

Berikut ini mengapa WordPress lebih SEO friendly dari CMS lainnya:

1. Struktur  Kode

Struktur kode pada WordPress sangat baik sehingga membuat situs-situs sangat clean. WordPress juga mempunyai manajemen taksimoni yang sangat baik, yang memungkinkan Anda mengkategorikan psotingan sesuai dengan kategori dan juga tag.

2. Plugin SEO

WordPress menyediakan bermacam-macam SEO plugin canggih dan sangat powerfull yang tidak ditemukan pada CMS lain seperti Joomla atau Drupal.

3. Loading Website

Beragam elemen yang ditambahkan dalam web mempengaruhi loading website. WordPress dikembangkan untuk mempertahankan kecepatan loading agar tetap cepat. Kecepatan website juga mempengaruhi dan memberikan nilai SEO lebih baik.

 

Mengembangkan Website dengan WordPress

Jika Anda ingin memanfaatkan kekuatan website sebagai digital marketing Anda. Mulai dari sekarang, Anda harus mengembangkan website perusahaan Anda. WordPress menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk hal tersebut. Dengan kemampuannya membuat website Anda berada di peringkat pertama mesin pencarian, tentu tidak perlu ada yang diragukan lagi untuk menggunakan WordPress.

Saat ini juga sudah banyak jasa pengembang website, tapi semua belum tentu dapat membawa Anda untuk mendapatkan trafik pengunjung yang tinggi dengan konten berkualitas. Jika Anda ingin menggunakan jasa pengembangan website, pilihlah yang mengerti bagaimana menampilkan website Anda di peringkat atas mesin pencari dan mengerti tentang konten apa yang sesuai dengan bisnis Anda.

Itu semua bisa Anda dapatkan dengan jasa pembuatan website dari Dotnext, yang tidak hanya akan memberikan Anda website yang canggih tapi juga menyajikan konten yang berkualitas.

 

FAQ

Apa manfaat memiliki website bagi bisnis saya?

Tentu saja membangun sebuah website perlu adanya tujuan yang sangat jelas. Selain sebagai identitas dalam dunia maya, website juga memiliki manfaat yang sangat menguntungkan pada bisnis Anda. Salah satunya adalah memperluas target market Anda, meciptakan leads dan segudang keuntungan lainnya.

Bagaimana caranya agar website dapat terlihat pada mesin pencarian Google?

Dengan bantuan kami, kami akan membantu Anda dalam membangun website yang terstruktur, terkandung keyword dalam setiap halaman websitenya sehingga memiliki peluang untuk berada pada halaman pertama mesin pencarian Google.

DOTNEXT DIGITAL

View Comments

  • Have you ever considered creating an ebook or guest authoring on other websites?

    I have a blog based upon on the same information you discuss and would love to
    have you share some stories/information. I know my subscribers would appreciate your work.

    If you are even remotely interested, feel free to send
    me an email.

  • Terimakasih untuk artikel yang di share sangat membantu, akan saya coba terapkan untuk lebih mengembangkan bisnis saya.

Recent Posts

Cara Daftar Facebook Business Manager di Facebook

Sebelumnya, kita sudah membahas tentang pentingnya saat ini menggunakan Facebook Business Manager.  Lalu, jika kita…

2 days ago

Facebook Business Manager, Fitur Unggulan dari Facebook

Perkembangan dunia digital selalu menawarkan hal-hal yang dinamis, dan tidak pernah berhenti disatu titik. Begitu…

4 days ago

Fungsi Search Engine

Search engine bukan lagi menjadi hal yang asing tentunya untuk kita semua. Dalam kehidupan kita…

3 weeks ago

Apa Itu Search Engine

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan search engine, di keseharian kita tak terlepas menggunakan…

1 month ago

Contoh Website Company Profile Terbaik

Di era internet seperti hari ini, perusahaan harus bisa eksis dan ditemukan. Caranya tentu saja…

2 months ago

Tips Desain Produk Kreatif

Dalam dunia bisnis, ada banyak sekali yang memengaruhi keberhasilan berbisnis. Salah satunya adalah desain kemasan…

2 months ago