Pop Up adalah – Pastinya Anda pernah melihat pop up, entah Anda menyadarinya atau tidak bahwa yang Anda lihat adalah pop-up. Dalam bahasa Indonesia pop-up artinya muncul. Sesuai dengan artinya pop-up biasanya berupa informasi yang muncul ketika Anda sedang mengakses website maupun ketika Anda menggunakan ponsel maupun smartphone.

Jadi bisa dikatakan bahwa pop-up memiliki kegunaan yang sangat penting, terutama untuk memberikan informasi kepada para penggunanya.

Tapi, tahukah Anda pengertian pop-up yang sebenarnya, dan apa fungsi dari pop up? Untuk mengetahui lebih dalam, kami akan membahas mengenai pop-up di artikel berikut ini. Anda bisa membaca ulasan berikut ini sampai selesai untuk mengetahuinya.

Pop Up Adalah

Apa itu pop up? Pop up adalah sebuah tampilan berupa jendela kecil yang biasanya muncul dengan informasi tertentu, pada sebuah perangkat. Biasanya pop-up muncul pada ponsel, laptop, komputer, aplikasi, website dan yang lainnya.

Contoh pop-up yaitu misalnya Anda mengeklik kanan pada desktop laptop maupun komputer Anda, dan kemudian muncul jendela kecil, itulah sebuah pop-up. Atau ketika Anda sedang membuka website, muncul sebuah jendela kecil yang berisi informasi mengenai diskon yang ditawarkan, itu juga bagian dari pop-up.

Fungsi Pop Up

Setelah mengetahui pengertian dari pop-up, selanjutnya Anda juga harus mengetahui mengenai fungsi dari pop-up. Apa saja fungsinya? Berikut ini adalah penjelasan lebih lanjut.

1. Menampilkan Menu

Salah satu fungsi pop-up yang sederhana, adalah untuk menampilkan menu. Misalnya, ketika Anda melakukan klik kanan pada laptop maupun mouse perangkat Anda. Kemudian, akan muncul menu-menu yang menampilkan pop-up.

Anda kemudian bisa mengelola file tersebut, dan memilihnya sesuai dengan kebutuhan Anda.

2. Menyampaikan Notifikasi

Fungsi pop-up yang selanjutnya adalah untuk menyampaikan notifikasi dari sistem perangkat Anda, maupun dari aplikasi pada ponsel Anda. Dengan adanya pop-up, biasanya akan memberikan informasi mengenai pesan yang baru masuk, proses download sudah selesai, maupun yang lainnya.

Biasanya pop-up notifikasi yang masuk, terdapat tombol untuk melakukan tindakan lebih lanjut, misalnya tombol untuk membalas pesan.

3. Memberikan Peringatan

Fungsi pop-up pada perangkat Anda yang selanjutnya adalah untuk memberikan peringatan, bahkan peringatan yang diberikan bisa peringatan yang bersifat buruk. Salah satu contohnya adalah ketika Anda ingin membuka aplikasi, kemudian ada pop-up muncul yang berisi informasi mengenai aplikasi tersebut tidak bisa dibuka karena aplikasi tidak bisa merespon.

4. Sebagai Media Promosi

Selain digunakan sebagai menyampaikan informasi penting, pop-up juga bisa dijadikan sarana promosi suatu produk atau jasa di website maupun aplikasi. Misalnya, ketika Anda membuka suatu website kemudian Anda akan melihat pop-up yang muncul disertai dengan promosi atau diskon yang ditawarkan.

Baca Juga: Landing Page, Kenali Pengertian Sampai Membuatnya Di Sini!

 

Cara Memunculkan dan Membuat Pop Up

Sesudah mengetahui tentang fungsi pop-up, Anda pastinya ingin mengetahui bagaimana cara membuat pop up terutama untuk bisnis Anda. Karena pop-up bisa meningkatkan penjualan Anda.

Cara Memunculkan Pop Up di WhatsApp

Berikut ini adalah cara memunculkan pop-up di WhatsApp:

  1. Buka Aplikasi WhatsApp.
  2. Tekan tmenu titik tiga pada bagian kanan atas, kemudian pilih settings.
  3. Klik menu notifications
  4. Tekan menu pop up notification
  5. Kemudian muncul tiga opsi yang bisa Anda pilih, yaitu only when screen “on”, only when screen “off”, dan opsi always show popup.

Cara Memunculkan Pop Up di Instagram

Selanjutnya, ini adalah cara mengaktifkan pop-up di Instagram:

  1. Buka aplikasi Instagram.
  2. Lalu kunjungi profil Instagram Anda.
  3. Tekan menu garis tiga di pojok kanan atas
  4. Kemudian pilih settings
  5. Pilih menu notifications, kemudian Anda bisa tekan aktifkan dan pilih on.

Cara Membuat Pop Up Iklan Website di WordPress

Jika Anda memiliki website bisnis, tentunya Anda bisa membutuhkan pop-up iklan di wordpress untuk membantu proses promosi Anda. Berikut ini adalah cara membuatnya:

  1. Login ke WordPress Anda.
  2. Pilih menu plugins, kemudian klik add new.
  3. Cari dan kemudian install plugin CM Popup.
  4. Tekan tombol CM Pop up banner for WordPress di sidebar.
  5. Klik tombol Add New Campaign.
  6. Isi konten iklan yang ingin dipromosikan.
  7. Tentukan konfigurasi pop-up.
  8. Terakhir, Anda bisa mengaktifkan pop up dengan menekan publish.

Anda ingin membuat website bisnis agar terlihat profesional? Anda bisa gunakan  jasa pembuatan website di Jakarta yaitu DOTNEXT. Tidak hanya pembuatan website saja, Anda juga bisa manfaatkan jasa lainnya seperti jasa digital marketing, SEO, pembuatan konten media sosial, dan lainnya.

Itulah ulasan mengenai pengertian pop-up, apa saja fungsinya, sampai dengan cara mengaktifkan sampai membuat pop-up untuk iklan di WordPress. Apakah Anda sudah tertarik untuk membuat pop-up untuk bisnis Anda?

 

 

jasa pembuatan website murah

Konsultasikan bisnis Anda, sekarang.