Press Release Adalah

Pasti Anda sering mendengar istilah press release? Tapi masih banyak yang belum paham press release adalah apa dan apa fungsinya dalam sebuah bisnis. Dalam bisnis sendiri, press release punya hal penting, banyak brand-brand, terutama yang sudah besar menggunakan press release sebagai cara promosi. Mari kita bahas lebih jauh mengenai press release.

Press release adalah

Press release atau juga dalam bahasa Indonesia dikenal dengan siaran pres, pernyataan media, rilis media, rilis berita adalah berita singkat yang ditulis oleh bagian public relation (PR) atau humas dengan maksud untuk menginformasikan mengenai perushaan.

Biasanya, PRĀ  mengandalkan iklan koran untuk memuat press release, atau juga bisa dikirimkan pada media-media yang ditargetkan.

Dalam press release, penggunaan bahasa harus sangat diperhatikan, demi menghindari penyampaian yang terlalu berlebihan. Press release juga harus mampu menjawab pertanyaan 5W+1 H yaitu What, When, Where, Who, Whom + How tentang berita kita di paragraf utama.

Dengan press release, perusahaan bisa menyampaiakan tentang apa yang terjadi, seperti promo, peluncuran produk baru, perubahan pimpinan, dan lain sebagainya.

Jenis-jenis press release

Ada beberapa jenis press release yang biasa digunakan oleh perusahaan, saat ini diketahui ada 6 jenis press release, yaitu:

1. General news

Jenis press release yang pertama ini adalah yang paling umum digunakan, dan isinya adalah berita tentang peristiwa. Tapi biasanya PR kerap memodifikasi press release ini.

Press release ini juga menjadi dasar bagi jenis lainnya. Hal ini karena press release adalah penyampai informasi kepada khalayak.

2. Launch release

Dari namanya mungkin Anda sudah bisa menebak. Ya, press release ini biasanya digunakan untuk peluncuran produk, perusahaan, situs, fitur, atau hal baru lainnya.

Launch release, sendiri biasanya press release yang kasual. Dan juga bisa menjadi media untuk menjabarkan ide atau sesuatu yang akan datang. Karena ini press release adalah menawarkan sesuatu yang baru dan akan datang.

3. Event press release

Press release jenis ini berkaitan dengan event yang sedang terjadi. Isinya akan menjelaskan secara detail mengenai acara yang sedang berlangsung.

Event press release, menjadi press release tersendiri bagi pengunjung acara.

Cara penulisannya tentu tidak boleh terlalu formal, bisa berbentuk poin, list, outline tentang acara.

4. Product press release

Jenis satu ini, press release yang hampir serupa dengan launch press release. Bedanya, product press release adalah menyertakan spesifikasi dari produk yang diluncurkan.

Dari press release ini khalayak juga akan mengetahui berbagai keunggulan yang ditawarkan.

5. Executive, staff, and employee press release

Biasanya, press release ini digunakan oleh perusahaan untuk melakukan rekrutmen, penunjukan petinggi baru, dan posisi-posisi lainnya yang berkaitan dengan stakeholder.

Biasanya foto dan uraian biografi, mejadi hal yang lazim dalam press release jenis ini.

6. Expert position press release

Contoh press release adalah menjelaskan tentang kemampuan seseorang dalam bidang tertentu.

Agar meyakinkan, dalam press release ini, pendapat dari pihak ketiga adalah hal yang sangat penting. Press release ini akan menjadi rujukan bagi para perushaan jika membutuhkan jasa dari orang tersebut.

Kenapa kita membutuhkan press release

Press release dibutuhkan dalam sebuah organisasi atau bisnis. Ini karena pres release adalah sarana penyampaian informasi yang dilakukan secara langsung, sehingga infromasi lebih akurat.

Struktur press release adalah

Dalam membuat press release ada beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu mengenai struktur. Disusun dengan metode piramida terbaik dengan struktur:

  1. Judul ( head)
  2. Teras (lead)
  3. Isi (body)

Anda juga bisa menambahkan kop surat pada bagian atas. Lalu dilanjutkan tulisan PRESS RELEASE ataupun SIARAN PERS di bawahnya. Dan judul dari press release.

Penulisan judul dan isi dalam press release

Judul yang Anda tulis dalam press release haruslah mewakili apa yang Anda tulis dalam bagian isi.

Karena metode penulisan digunakan adalah metode piramida terbalik, hal yang penting diletakan pada bagian atas. Lalu barulah dituliskan bagian-bagian yang bersifat universal.

Ada juga hal penting yang tidak boleh Anda lewatkan saat menulis press release, yaitu penjelasan apakah naskah akan disiarkan dalam waktu cepat ataupun pada bertepatan pada waktu tertentu.

Apakah hari ini press release penting?

Bisa dikatakan, press release adalah cara terbaik untuk kita melakukan promosi dan mendapatkan engagement dari media. Press release juga membuat ikatan antara khalayak dengan brand atau organisasi lebih kuat karena pesan yang disampaikan secara langsung. Jadi sampai hari ini, press release adalah media pemasaran yang tidak bisa diremehkan, saat ini bahkan sudah banyak perusahaan yang memasukan menu khusus untuk press release di bagian menu.

DOTNEXT DIGITAL

Recent Posts

Manfaat Konten Marketing

Persaingan bisnis memang tidak bisa dipungkiri lagi begitu ketatnya. beberapa usaha kecil terkadang sulit bersaing…

5 days ago

Manfaat Google Adwords Selain Beriklan

Dalam artikel sebelumnya, kita sudah pernah membahas secara mendalam mengenai Google Adwords untuk keperluan meningkatkan…

1 week ago

Perbedaan SEO & SEM, Mana yang Perlu Digunakan?

Dunia pemasaran digital berkembang dengan begitu pesat. Apakah bisnis Anda salah satu yang sudah menggunakan…

2 weeks ago

Biaya Google Adwords dan Cara Menentukan Anggaran Beriklan

Di era digital seperti saat ini, banyak sekali platform-platform digital yang dapat kita manfaatkan untuk…

2 weeks ago

5 Contoh Konten Media Sosial Terbaik Untuk Optimasi Bisnis Anda

Hari ini, bisnis kita seperti ketinggalan zaman bila tidak mempunyai media sosial. Bisa dikatakan media…

2 weeks ago

Apa itu Google Analytics

Kegiatan digital marekting memungkinkan semua kegiatan dapat terukur pencapaiannya. Baik itu penerapan menggunakan website, menggunakan…

3 weeks ago