Redirect 301 – Bagi Anda para pengelola website, pernahkah Anda ingin mengubah alamat situs website maupun URL? Walaupun Anda ingin mengubahnya, Anda tidak perlu khawatir karena dengan mengubah URL tidak akan membuat website Anda kehilangan reputasi baik yang dimiliki oleh URL lama Anda.

Cara mengubahnya adalah dengan menggunakan redirect 301. Lalu apa itu redirect 301? Anda bisa mengetahuinya lebih lanjut sesudah membaca artikel ini, karena dalam artikel kali ini kami akan membahas mengenai redirect 301. Mari kita langsung mulai saja ke pembahasannya.

 

Pengertian Redirect 301

Ketika Anda mengetikkan alamat suatu website ke dalam address bar di internet Anda, tidak jarang Anda menemukan URL-nya berubah saat halaman situs website sudah dimuat.

Contohnya, Anda ingin mengakses website X dengan alamat blog.qwerty.com. Tapi, URL itu kemudian berubah menjadi qwerty.com/blog. Itulah yang dimaksud dengan redirect. Pada  intinya, redirect adalah pengalihan pengunjung website dari URL yang dimiliki ke sebuah website alamat lain.

Redirect sebenarnya dibagi jadi beberapa jenis dan salah satu jenisnya adalah redirect 301. Redirect 301 adalah pemindahan permanen suatu website atau page tertentu milik situs tersebut ke satu alamat baru lainnya.

Redirect ini biasanya digunakan dalam beberapa hal, termasuk saat Anda memutuskan untuk membuat situs website baru dan memindahkan seluruh konten lama ke website baru.

 

Baca Juga: Hosting Adalah: Pengertian, Jenis, dan Cara Kerja

 

 

Kegunaan Redirect 301 Untuk SEO

Setelah Anda mengetahui pengertiannya, Anda juga harus mengetahui kegunaan Redirect 301 untuk SEO. Berikut ini adalah penjelasan lebih lanjut:

 

Mempertahankan Peringkat Pada Website

Anda tidak usah khawatir, jika Anda ingin memindahkan alamat website lama Anda ke yang baru, akan menurunkan peringkat website Anda. Dengan adanya redirect 301 peringkat pada website Anda masih tetap bertahan. Bahkan, tingkat efektivitas redirect 301 ini mencapai 90-99 persen. Jadi, usaha yang Anda bangun untuk mempertahankan peringkat website tentunya tidak akan sia-sia.

 

Memastikan Website Dapat diakses

Ketika seseorang mengakses situs website yang alamatnya sudah dihapus atau diganti, maka akan muncul “Error 404” Pastinya, Anda tidak mau hal tersebut terjadi pada website Anda. Walaupun secara langsung tidak mempengaruhi ranking pada website, tapi mempengaruhi para pengunjung.

Pengunjung pada website tentunya semakin lama akan berkurang, menurunnya trafik website juga bisa menyebabkan penurunan ranking dan kredibilitas website tersebut.

 

Meyakinkan Search Engine untuk Menampilkan Alamat Baru

Pada umumnya redirect 301 memiliki tujuan untuk memberitahukan kepada pengunjung mengenai alamat baru dari suatu website. Jadi, kegunaanya tentu saja sangat penting karena bisa meningkatkan kenyamanan pengunjung dengan meyakinkan search engine untuk menampilkan alamat terbaru.

 

 

Cara Melakukan Redirect 301

Perlu waktu untuk mesin pencari, untuk bisa mendeteksi perubahan atau pengalihan yang dilakukan pada website Anda. Untuk melakukan redirect 301, sebaiknya Anda harus melakukannya di waktu yang tepat, agar Anda tidak kehilangan potensi pengunjung website Anda.

Misalnya, Anda melakukan redirecting beberapa waktu sebelum waktu pengunjung website Anda ramai. Jadi, ketika website ramai dikunjungi, pengalihan tersebut akan berhasil dilakukan. Lalu bagaimana caranya untuk melakukan redirect 301? Berikut ini adalah penjelasannya:

 

Memasukkan Instruksi Redirect 301

And bisa memasukkan instruksi redirect 301 ke header halaman website yang ingin Anda pindahkan. Pada proses redirect ini, Anda akan membutuhkan halaman yang nantinya akan dijadikan tujuan reditecting, dan Anda bisa letakkan pada header halaman yang lama.

Jadi, secara otomatis ketika ada pengunjung yang mengunjungi website lama Anda, bisa langsung teralihkan ke halaman yang baru.

 

Menggunakan Redirect WordPress

Jika Anda menggunakan CMS WordPress, Anda bisa langsung mengubahnya dengan menggunakan WordPress. Anda bisa menggunakan plugin redirection yang sudah tersedia di WordPress, dengan menggunakan plugin tersebut, Anda tidak perlu koding sama sekali. Anda tinggal masukan URL baru Anda dan yang lama, kemudian Anda bisa klik “Add Redirect”

Akan tetapi, Anda perlu ingat bahwa plugin yang satu ini hanya memungkinkan Anda untuk penerapan redirect per halaman website untuk satu nama domain saja.

 

Itulah ulasan mengenai redirect 301, semoga ulasan di atas bermanfaat untuk Anda mengetahui apa itu redirect.

Anda memiliki halaman website namun tidak tahu caranya untuk mengoptimasi website? Tidak usah khawatir Anda bisa gunakan  jasa SEO di Jakarta, DOTNEXT Digital. Selain itu, ada juga jasa lainnya seperti digital marketing, pembuatan website, desain grafis dan lainnya. Konsultasikan bisnis Anda  di sini sekarang, gratis.