Search Engine Marketing adalah – Bagi Anda yang sudah berkecimpung di dunia digital marketing, pastinya tidak asing dengan istilah yang satu ini yaitu Search Engine Marketing atau SEM. Search Engine Matkerting merupakan strategi yang harus Anda coba untuk mempromosikan bisnis Anda.

Karena, dengan menggunakan SEM akan memunculkan website Anda di halaman pertama search engine. Strategi ini, hanya perlu membutuhkan waktu beberapa hari bahkan beberapa jam untuk memunculkan website Anda.

Lalu, apa itu SEM? Dan mengapa Anda harus menggunakannya? Pada artikel berikut ini kami akan membahasnya lebih lengkap lagi. Anda bisa menyimak artikel berikut ini sampai selesai.

Search Engine Marketing Adalah

Apa itu Search Engine Marketing? Search Engine Marketing adalah suatu strategi marketing untuk meningkatkan visibilitas sebuah website, pada halaman mesin pencarian seperti Google. Intinyam SEM bisa diartikan sebagai kegiatan membeli trafik dengan membayar search engine seperti Google.

Dengan menggunakan SEM, tentunya Anda bisa melakukan personalisasi terhadap profil target audiens yang diinginkan. Sehingga, SEM dapat dikatakan strategi yang efektif untuk memasarkan bisnis Anda. Selain itu, jika website Anda berada di halaman teratas, maka akan meningkatkan kemungkinan konsumen mengunjungi website.

Cara kerja SEM adalah dengan memilih kata kunci yang relevan dengan produk atau jasa yang dipasarkan. Setelah itu orang yang akan mencari kata kunci tersebut, mesin pencarian akan menampilkan website Anda.

Alasan Pentingnya Menggunakan SEM

SEM mrupakan strategi yang efektif dan menjadi cara cepat untuk mengarahkan calon konsumen ke website Anda. Karena, SEM dapat menempatkan website Anda di halaman pertama di mesin pencarian. Dengan begitu, SEM akan meningkatkan kemungkinan website Anda diklik oleh calon konsumen yang membutuhkan informasi.

SEM menjangkau konsumen pada waktu yang tepat, yaitu saat mereka membutuhkan informasi baru dari sebuah produk, jasa maupun informasi lainnya.

Baca Juga: Apa yang Dimaksud dengan Mesin Pencari atau Search Engine Itu?

 

Manfaat SEM untuk Bisnis Anda

Setelah mengetahui pengertian dan alasan kenapa Anda harus menggunakannya. SEM juga memiliki beberapa manfaat untuk Anda, berikut ini adalah penjelasan lebih lanjut mengenai manfaatnya:

1. Hasil yang Cepat

Sudah dikatakan sebelumnya jika dengan menggunakan SEM, website Anda akan berada di halaman pertama dala, hitungan hari atau jam. Jadi, SEM tentunya lebih unggul dalam hal kecepatan dibandingkan dengan Search Engine Optimization (SEO) yang membutuhkan waktu lebih lama.

2. Targeted Marketing

Dengan menggunakan SEM tentunya dapat menguntungkan Anda, karena Anda dapat langsung menyampaikan iklan kepada target market yang sesuai, tentunya dengan penggunaan kata kunci yang relevan dengan bisnis Anda.

3. Sesuai dengan Anggaran

Anda dapat menyesuaikan SEM dengan anggaran yang Anda miliki. Karena, ketika anggaran Anda untuk beriklan sudah habis, maka iklan tersebut akan secara automatis berhenti. Jadi, Anda tidak perlu khawatir dengan biaya yang akan membengkak.

Target untuk Search Engine Marketing

Untuk menggunakan SEM, tidak hanya keyword saja yang penting, SEM juga memiliki pengaturan untuk target market. Lalu apa saja yang bisa jadi target dari SEM ini? Berikut ini penjelasannya:

1. Lokasi

Ketika Anda menggunakan Search Engine Marketing, Anda bisa mengatur lokasi audiens mana saja yang ingin menjadi target Anda. Lokasi biasanya seperti kota-kota besar, area tertentu, maupun kode pos.

2. Jadwal Iklan

Anda bisa mengatur sendiri iklan yang akan Anda tayangkan di halaman pencarian seperti, memasukkan berapa lama iklan tersebut tayang, tanggal, maupun jumlah iklan yang akan tayang dalam sehari.

3. Demografis

Target demografis dalam search engine marketing, biasanya mencakup usia dan jenis kelamin. Jadi, Anda bisa semakin spesifik untuk menargetkan audiens yang ingin dituju.

4. Device

Tidak hanya target lokasi, demografi dan jadwal. Anda juga bisa memilih jenis perangkat atau device yang dipakai dalam mengakses sebuah situs. Anda bisa mengaturnya menjadi hanya orang yang menggunakan browser di komputer, atau audiens yang mengakses lewat smartphone.

Jadi jika Anda memilih orang yang menggunakan browser komputer, maka audiens yang mengakses melalui smartphone tidak akan melihat iklan Anda.

Sekian ulasan mengenai Search Engine Marketing (SEM). Apakah Anda jadi tertarik untuk menerapkan SEM dalam bisnis Anda?

Atau Anda ingin menggunakan jasa search engine marketing agar Anda tidak perlu pusing memikirkan keyword, target dan lainnya? Tenang saja, DOTNEXT menyediakan jasa Search Engine Marketing untuk bisnis Anda.

Klik  di sini, jika Anda ingin berkonsultasi lebih lanjut secara gratis.