Sitemap – Google merupakan salah satu mesin pencari yang paling disukai, dengan adanya situs website tentunya sangat penting bagi Anda yang memiliki bisnis atau sekedar membuat blog pribadi. Seiring berjalannya waktu, tentu bertambahnya ukuran dan juga kompleksitas situs, jadi Google mengembangkan protokol baru.

Protokol tersebut, dirancang untuk menggunakan format XML atau XML Sitemap. Lalu, apa itu sebenarnya site map? Apa pentingnya dan apa saja jenisnya?

Untuk Anda yang bertanya mengenai semua itu, maka artikel berikut ini merupakan jawaban yang tepat untuk Anda. Anda bisa membaca artikel berikut ini sampai selesai, agar mengetahui lebih dalam mengenai site map.

Sitemap Adalah

Apa itu sitemap? Sitemap adalah sebuah halaman atau file yang berisikan semua informasi link yang ada pada suatu website. Informasi tersebut, biasanya berupa category, page, post, image, sampai tag, semua indormasi tersebut tercantum pada halaman site map.

Alasan menyimpan semua informasi tersebut dalam satu file site map, untuk membantu crawler menemukan semua halaman pada satu tempat, dibandingkan dengan menemukannya melalui link internal. Dengan adanya data sitemap, search engine akan semakin mudah memetakan website.

Apakah Sitemap Penting?

Sitemap memiliki peranan penting terhadap SEP. Bot search engine menemukan halaman melalui tautan internal. Jadi, ada kemungkinan besar bahwa halaman penting dapat ditinggalkan selama proses perayapan jika tautan internal kurang tepat.

Tidak ada perusahaan atau seorang blogger yang ingin halaman yang berisi konten penting, dibiarkan saja tanpa terindeks. Jadi, untuk menghindari risiko tersebut, baiknya memiliki XML site map, karena berisi semua URL situs website untuk dicrawl.

Jenis-Jenis Sitemap

Sitemap sendiri memiliki empat jenis utama, yaitu:

  • Normal XML Sitemap: Jenis site map XML ini, merupakan jenis yang paling umum. Biasanya dalam bentuk sitemap XML yang tertaut ke berbagai halaman di situs website.
  • Video Sitemap: Site map ini, biasanya digunakan secara khusus untuk membantu Google untuk memahami konten video pada halaman website.
  • News Sitemap: Sitemap ini membantu Google untuk menemukan konten di situs yang disetujui untuk Google News.
  • Image Sitemap: Image site map akan membantu Google untuk menemukan semua gambar yang dihosting di situs Anda.

 

Baca Juga: Apa Itu Pagination, Kenali Pengertiannya Di Sini!

 

Fungsi Sitemap untuk Website

Setiap pemilik maupun pengelola website, tentu saja harus melengkapi situs websitenya dengan site map. Terutama, jika website tersebut memiliki banyak konten dan sering mengupdate. Adapun fungsi lainnya dari site map, yaitu:

Memudahkan Audiens untuk Melakukan Navigasi

Semua konten akan diperlihatkan pada satu halaman, sehingga tingkat kunjungan maupun keterbacaan halaman akan semakin meningkat. Selain itu, pengunjung juga menjadi lebih mudah untuk mengetahui konten apa saja yang terdapat dalam situs website.

Intinya, tidak menimbulkan kebingungan bagi para pengguna, karena website tersebut bersifat user friendly.

Meningkatkan Tingkat Visibilitas

Maksud dari visibilitas di sini adalah tingkat keterlihatan suatu website dalam search engine. Hal tersebut, tentunya sangat penting, agar situs website bisa mendapatkan kunjungan lebih banyak sekaligus dapat meningkatkan trafik.

Membantu Mengatur Struktur Konten di Website

Sitemap memiliki peran sebagai alat untuk mengamati struktur website dan juga konten yang ada didalamnya. Selain itu, dengan adanya skema link yang tepat, ketika suatu saat terjadi kesalahan tentunya menjadi lebih mudah diidentifikasi dan diperbaiki.

Mempertegas Arah Website

Sitemap memiliki fungsi sebagai penjaga hubungan atau relevansi website. Khususnya pada website blog pridadi atau berita, yang memiliki konten dalam jumlah banyak. Melalui site map anchor text yang berisi tautan yang dapat diklik pada setiap konten akan terus bertambah.

Hal tersebut akan memperkaya internal link antar halaman. Karena, jika berhasil menerapkan strategi internal link secara relevan, tentunya bisa membuat website semakin kuat dalam search engine.

Mempercepat Proses Index

Tidak selamanya konten dalam website cepat terindex oleh search engine. Maka dari itu pengelola website dapat membuat site map yang berisi semua konten, untuk menghindari lamanya terindeks oleh mesin pencari.

Langkah tersebut tentunya akan membuat crawler lebih mudah dan cepat menjalankan proses indeks halaman website, apalagi jika website memiliki puluhan sampai ratusan konten, Jika tidak dilengkapi site map, tentunya proses indeks semakin sulit.

Sekian ulasan mengenai pengertian dari sitemap, alasan pentingnya, sampai dengan fungsinya untuk website. Semoga ulasan di atas bermanfaat untuk Anda memahami site map lebih dalam.

 

jasa pembuatan website murah

Ingin membuat website untuk bisnis agar terlihat profesional? Anda bisa gunakan jasa pembuatan website di Jakarta yaitu DOTNEXT. Tidak hanya itu saja, Anda juga bisa gunakan jasa lainnya seperti SEO, desain grafis, pembuatan konten social media dan yang lainnya.

Konsultasikan bisnis Anda , gratis.