fbpx

Fitur Instagram Story bisa kita manfaatkan untuk membuat konten marketing untuk mengelompokan hal-hal yang menarik dan bernilai dari brand. Caranya adalah dengan membuat sorotan ig atau lebih kita kenal dengan highlight Instagram.

Apa Itu Sorotan IG

Seperti yang kita tahu, Instagram story hanya mampu bertahan selama 24 jam, dan setelah itu akan masuk ke dalam arsip akun kita. Namun, melihat antusias para penggunanya, Instagram mengeluarkan fitur sorotan IG atau high light. 

Sorotan IG memungkinkan para penggunanya untuk mengelompokan IG story yang pernah dibuat dalam beberapa kategori. Instagram story yang pernah diunggah bisa kembali disaksikan oleh para followers atau pengunjung profil akun Instagram bisnis Anda.

Kenapa Harus Menggunakan Fitur Sorotan IG

Bagi pelaku usaha yang menggunakan Instagram untuk promosi, fitur ini sangat berguna untuk memperkaya pengetahuan audiens tentang bisnis mereka. Untuk para pengikut baru, highlight pastinya akan sangat berguna bagi mereka, dengan highlight mereka dapat mempelajari produk Anda dan segala hal menarik tentang produk Anda.

Cara Membuat Sorotan IG

Cara membuat sorotan IG bukanlah sesuatu yang sulit. Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk menggunakan fitur ini adalah membuat Instagram story terlebih dahulu. Setelah Anda selesai membuat Instagram Story mak Anda bisa memasukkannya ke highlight.

Berikut ini cara membuat sorotan di IG:

  1. Buka aplikasi Instagram pada smartphone anda.
  2. Buat sebuah instastory seperti membuat story instagram biasanya.
  3. Saat instastory sudah terkirim, tap opsi Sorot di bagian bawah.
  4. Jika pertama kali membuat sorotan, berikan nama dari sorotan Anda.
  5. Lalu tap tombol Tambahkan.
  6. Periksa ke profil ig Anda, maka sorotan IG sudah muncul.
  7. Selesai.

Anda dapat menambahkan story instagram anda yang lainnya ke dalam sorotan instagram tersebut. Ketika instastory anda sudah masuk ke sorotan IG, Anda juga dapat menghapus atau menambahkannya dengan yang lain kapanpun.

Cara Menambahkan Konten ke Dalam Highlight

Setelah Anda berhasil membuat highlight di profil Instagram bisnis Anda, maka selanjutnya Anda juga bisa menambahkan beberapa konten lainnya ke dalam highlight.

Berikut cara menambahkan sorotan di ig:

  1. Buka profil IG Anda, lalu tap highlight yang Anda inginkan.
  2. Tap menu Lainnya dengan ikon tiga titik.
  3. Pilih opsi Edit Sorotan untuk mengelola sorotan tersebut.
  4. Disana Anda dapat mengganti sampul sorotan atau mengganti nama.
  5. Pada tab Dipilih, Anda dapat menghapus story IG dari sorotan.
  6. Sedangkan tab Tambahkan adalah untuk menambah story instagram ke dalam sorotan IG.

Anda dapat mengelola apa saja yang diperlukan untuk sorotan instagram Anda pada menu ini. Anda bebas untuk menghapus, menambahkan, mengganti perubahan untuk sorotan IG Anda.

Kenapa Highlight Tidak Muncul

Apakah pada akun bisnis Anda tidak ada fitur highlight? Bila ternyata demikian, bisa jadi itu karena Anda mengatur akun menjadi akun privasi, atau juga karena Anda tidak mengatur mode arsip pada Instagram Story Anda.

Jika ternyata fitur sorotan tidak muncul di Instagram Anda, tenang masih ada cara lain yang bisa kita lakukan untuk memunculkannya.

1. Hidupkan Arsip Otomatis

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk memunculkan highlight yang hilang adalah dengan menghidupkan arsip otomatis. Highlight yang tidak muncul bisa jadi karena Anda tidak menghidupkan arsip sehingga konten IG story yang pernah Anda unggah tidak tersimpan.

Langkah untuk menghidupkan arsip otomatis bisa Anda lakukan dengan cara buka ikon garis tiga atau menu pada ujung kanan atas tampilan layar.

Setelah itu, buka menu pengaturan. Pada menu pengaturan, pilih “privasi”. Melalui pengaturan privasi tersebut, Anda dapat mengatur segala hal terkait komentar, tagar, cerita atau story, dan status aktivitas.

Jika Anda ingin mengatur supaya Anda dapat membuat highlight, pilih  “cerita”.  Setelah itu scroll  hingga bawah sampai  menemukan ‘simpan ke arsip’. Pada bagian tersebut, geser slider ke arah kanan menjadi aktif. Dengan diaktifkannya arsip cerita ini, semua insta story yang telah kamu bagikan akan disimpan dalam arsip cerita.

Cara Membuat Cover Highlight 

Agar highlight Anda tampak menarik, jangan lupa untuk menambahkan cover highlight sesuai dengan tema sorotan IG. Cara membuat cover highlight juga tidak sulit, Anda bisa  membuat  highlight  hanya dengan  handphone saja. Yap, sekarang Anda bisa membuat highlight dengan aplikasi seperti Canva, berikut ini langkah membuat cover highlight dengan Canva.

  1. Buka aplikasi Canva di HP
  2. Ketik “Instagram Story Highlight Cover” di bagian pencarian. Maka nanti akan muncul beragam pilihan template yang bisa Anda pilih baik itu gratis atau juga berbayar.
  3. Setelah memilih template yang diinginkan, Anda akan masuk bagian editor. Pilih “illustration”  untuk mencari icon yang sesuai, masukan saja nama icon yang diinginkan di bagian pencarian. Kamu juga bisa edit warna, kata-kata, dan meletakan icon sesuai yang kamu mau.
  4. Download hasil editan yang sudah jadi.

Setelah semua cover highlight selesai, Anda bisa memasangnya di profile akun Anda. Caranya dengan masuk ke profile, lalu pada bagian atas Anda akan melihat highlight, setelah itu klik highlight yang pernah Anda buat langsung klik dan pilih edit cover dan pilih cover yang tadi Anda buat.

Membuat highlight IG yang variatif tentu bukan perkara mudah bila dikerjakan sendiri. Tapi tenang saja, Anda bisa mengandalkan jasa social media marketing mengurus semuanya. Tidak hanya highlight saja, tapi mengurus semua keperluan konten media sosial akun bisnis Anda.

Hubungi kami untuk konsultasi gratis, klik di sini.