Categories: Digital Marketing

Teknik pemasaran melalui media sosial

Tahukah Anda bahwa 90% dari semua pelaku pemasaran mengatakan bahwa pemasaran media sosial  telah meningkatkan eksposur bisnis mereka? Walau begitu, banyak juga mereka yang melakukan pemasaran media sosial tidak berlangsung baik. Kegiatan pemasaran yang mereka lakukan dari berbagai saluran media sosial justru berakhir sia-sia saja. 

Mengapa demikian? Semua ini tentu karena mereka tidak mengenal dengan baik strategi seperti apa yang mereka butuhkan dalam mengimplementasikan pemasaran media sosial. Jika Anda ingin tahu, strategi seperti apa yang baik jika menerapkan pemasaran media sosial, berikut ini 5 jurus jitunya untuk Anda!

 

Apa itu Social Media Marketing

Pertama-tama mari kita pahami sekilas apa itu yang dikenal dengan social media marketing yang kini semakin dilirik. Social media marketing adalah suatu bentuk pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan melalui media digital seperti media sosial. Media sosial dalam pemasaran biasa digunakan untuk membangun ketertarikan konsumen (engagement), membangun kesadaran merek (brand awareness), meningkatkan keterlibatan dengan merek, hingga meningkatkan penjualan.

Diliriknya social media marketing oleh banyak merek belakangan ini adalah karena fitur-fitur yang dimiliki begitu unik, yang memungkinkan terjadinya interaksi antar akun dan menciptakan word of mouth (WOM). Seperti yang diketahui bersama, rekomendasi dari orang lebih dipercaya konsumen sebelum mengambil keputusan untuk memilih dan membeli produk.

Dalam pemasaran, kita tidak bisa lepas dengan apa yang disebut jangkauan, nah social media marketing memungkinkan pemasaran dilakukan secara luas dengan waktu yang singkat. Hal itu tentu saja karena media sosial yang berbasis online meruntuhkan batas-batas wilayah sehingga pemasaran yang dilakukan bisa lebih masif. 

 

Manfaat Social Media Marketing

Manfaat utama dari social media marketing adalah Anda dapat membangun hubungan. Membangun hubungan berarti Anda membangun kepercayaan, kepercayaan membangun penjualan. Konten yang Anda unggah melalui media sosial perusahaan Anda dapat berbicara banyak kepada target konsumen Anda. 

Di bawah ini adalah sejumlah manfaat social media marketing yang bisa Anda dapatkan untuk merek bisnis Anda.

1. Meningkatkan Kesadaran Merek

Saat ini, hampir setiap orang menghabiskan waktunya di media sosial setiap hari. Dengan begitu, media sosial menjadi tempat yang alami untuk Anda menjangkau target pelanggan potensial Anda yang baru dan dengan target yang jelas.

Hari ini, setidaknya 60% pelanggan mengatakan bahwa mereka menemukan produk baru melalui platform media sosial. 

 

2. Selalu Diingat

Menurut sebuah riset, sebagian besar dari pengguna media sosial setidaknya masuk sekali ke akun mereka setiap hari, bahkan ada beberapa orang yang mengecek media sosialnya lebih dari satu kali.

Media sosial memberikan merek Anda kesempatan untuk selalu terhubung dengan pelanggan Anda ketika mereka masuk, membuat merek Anda selalu diingat dan menjadi pilihan pertama ketika mereka melakukan pembelian. Buatlah konten yang menarik, informatif, dan menghibur untuk dilihat oleh pelanggan yang mengikuti Anda. 

 

3. Akses Langsung ke Pelanggan

Media sosial memungkinkan Anda terhubung dengan target pasar, prospek, dan pelanggan kapan saja. Anda dapat menggunakan cara ini sebagai cara instan untuk melakukan promosi yang sedang Anda lakukan, penawaran khusus, pengenalan produk baru, dan banyak hal lainnya. Dan yang terbaik adalah semua ini bisa Anda lakukan secara cuma-cuma. 

 

4. Meningkatkan Traffic Website

Posting dan iklan di media sosial adalah salah satu cara yang bisa Anda terapkan untuk mengarahkannya ke website Anda. Berbagai konten blog dalam website dan mengarahkannya ke akun media sosial adalah cara yang tepat untuk mendapatkan perhatian dan pembaca dengan instan. 

Pastikan alamat website Anda tercantum dalam semua profil media sosial Anda. Sehingga orang yang ingin mengetahui lebih lanjut tentang merek Anda dapat mengklik website Anda. 

 

5. Biaya Pemasaran yang Lebih Murah

Media periklanan tradisional seperti selebaran menghabiskan banyak biaya ketimbang sebuah postingan baru yang Anda lakukan di media sosial. Selain itu, jangkau yang bisa terjangkau dari media sosial juga lebih luas. Youtube yang merupakan mesin pencari terbesar kedua juga mempunyai biaya beriklan yang jauh lebih murah dari iklan TV. Media sosial memungkinkan Anda untuk mengurangi biaya pemasaran menjadi lebih efektif dan efisien.

 

6. Membangun Komunitas Merek

Dengan media sosial, Anda dapat membangun komunitas di sekitaran merek Anda. Membangun komunitas berarti membangun pendukung dengan loyalitas dan royalitas yang tinggi. Terbentuknya komunitas juga membuat Anda tidak perlu khawatir dengan Adanya pesaing karena Anda telah mempunyai basis pelanggan yang kuat dengan merek.

 

5 Jurus Jitu Pemasaran  Media Sosial

Banyak yang telah menerapkan pemasaran media sosial saat ini, tapi mereka tidak bisa merasakan manfaat dari itu. Apakah berarti pemasaran media sosial tidak bisa digunakan untuk segala jenis bisnis? Jawabannya tidak, justru pemasaran media sosial adalah salah satu media pemasaran yang tepat untuk bisnis kecil dan menengah sekalipun.

Kegagalan tersebut adalah karena cara penerapan yang diimplementasikan kurang tepat.

Agar kegagalan tersebut tidak Anda alami, berikut ini kami jurus jitunya:

 

Ketahui Apa Tujuan Pemasaran Media Sosial Anda

Banyak yang salah kaprah tentang menjalankan pemasaran media sosial. Hanya dengan membuat profil dan mengunggah produk Anda tidaklah cukup. Tanpa mengetahui apa yang ingin Anda capai dengan strategi yang seperti apa, Anda tidak akan tahu apakah Anda sudah memenuhi salah satu dari target Anda.

Untuk itu, penting untuk mengetahui tujuan dari pemasaran media sosial dan merumuskannya kedalam KPI. Yang tidak kalah penting adalah, jangan terlalu ambisius, lakukanlah pemasaran media sosial secara bertahap.  

Tujuan dari penerapan pemasaran media sosial bisa berupa:

  • Engagement: klik, suka, bagikan, komentar, dan menyebutkan merek Anda.
  • Reach: jumlah pengikut, impression, dan traffic website.
  • Konversi: pendapatan penjualan.
  • Loyalitas Pelanggan: biaya per lead, masalah terselesaikan, dan nilai seumur hidup pelanggan.

 

1. Pahami Pelanggan Anda

Setelah Anda menetapkan tujuan yang jelas, saatnya untuk Anda untuk memahami siapa pelanggan Anda. Mengenali pelanggan Anda memberikan gambaran yang jelas tentang konten seperti apa yang perlu Anda bangun, platform media sosial mana yang perlu Anda pilih, dan bahasa seperti apa yang dapat menumbuhkan minat mereka.

Saat Anda hendak menentukan karakteristik dari pelanggan Anda, penting untuk memperhatikan hal berikut:

  • Usia
  • Jenis Kelamin
  • Pendidikan
  • Pekerjaan
  • Kebutuhan
  • Hobi
  • Tempat Tinggal

2. Analisis Pesaing

Langkah ini acap kali diabaikan oleh banyak pemasar, padahal ini salah satu yang menentukan kesuksesan dan Anda bisa menemukan celah yang bisa digunakan sebagai membentuk pembeda dari mereka. 

Perhatikan bagaimana mereka memperlakukan media sosial mereka, seperti apa kampanye pemasaran media sosial yang mereka lakukan. pengaruh sosial mereka mulai dari pengikut hingga keterlibatan, dan frekuensi dan waktu mereka memposting konten mereka. 

3. Tetapkan Kepribadian Anda

Setelah menetapkan tujuan, mengenali pelanggan hingga menganalisis pesaing. Pasti Anda akan sadar bahwa kepribadian perlu dibangun. Mereka yang menggunakan media sosial sebagai pemasarannya mempunyai kepribadian yang kuat sehingga dapat mencuri perhatian dari jutaan konten yang tiap hari dibagikan.

Ada merek yang menggunakan kepribadian santai, ada pula yang serius. Tidak ada yang buruk atau salah dari keduanya. Yang perlu ditekankan adalah, mana yang menggambarkan dan mewakili bisnis dan merangkul pelanggan Anda?

Jika bisnis Anda berorientasi pada pelanggan anak muda, Anda bisa memilih kepribadian yang santai, punya jiwa berpetualang, mengeksplorasi hal baru, dan kebebasan. Lain lagi jika target pasar Anda adalah dewasa, atau mereka yang kelas atas, kepribadian yang harus Anda bentuk adalah menjadi serius dan se-eksklusif mungkin.

Bila Anda punya kesulitan untuk dapat memilih kepribadian seperti apa yang cocok untuk merek Anda, coba jawab beberapa pertanyaan berikut ini:

  • Jika merek Anda adalah seorang manusia, seperti apa dia?
  • Seperti apa Anda ingin orang memandang brand Anda?
  • Seperti apa gaya bahasa dari target pelanggan Anda?
  • Apa tujuan dari konten Anda?

4.Pilih Platform Media Sosial yang Mewakili

Jika Anda baru menerapkan pemasaran media sosial, sebagai pemain baru fokuslah pada satu atau dua platform saja. Anda harus ingat bahwa setiap platform media sosial punya tujuan yang berbeda-beda dan dengan pengguna yang punya latar belakang berbeda juga. Pilihlah platform yang bisa mempertemukan Anda dengan pelanggan potensial Anda. 

Untuk membuat Anda menemukan platform mana yang sesuai dengan bisnis Anda:

a. Facebook

Jika bisnis Anda adalah sebuah bisnis lokal, Facebook adalah pilihan terbaik. Tidak hanya akan menumbuhkan komunitas, berkat perkembangan inovasi yang dilakukan, Anda juga bisa dapat langsung menjual produk Anda.

 

b. Instagram

Instagram adalah media sosial visual terbesar dengan pengguna sebagian besar adalah milenial dan generasi Z. Saat Anda menggunakannya untuk bisnis Anda pikirkan tentang branding, desain, yang mengandung estetika.

 

c. Twitter

Berbeda dengan platform lain, Twitter melayani audiensi business-to-business (B2B) dan business-to-consumer (B2C). Di Twitter Anda dapat secara aktif terlibat dengan pelanggan Anda dengan tagar yang dapat memperkuat pesan Anda dan sifatnya yang realtime perlu Anda perhatikan.

Pengguna Twitter juga tipe pengguna yang lebih menyukai konten yang singkat dan santai. 

Setelah Anda dapat mengimplementasikan semua jurus jitu tersebut dengan benar, ada baiknya pula Anda melakukan analisis terhadap hasil pemasaran media sosial Anda, agar jika strategi konten yang Anda terapkan kurang berhasil, Anda dapat dengan cepat melakukan perubahan.

Hal tersulit dari itu adalah Anda masih harus memikirkan bagaimana menjalankan bisnis Anda. Beruntungnya saat ini telah banyak jasa digital marketing agency yang menyediakan jasa pemasaran media sosial. Anda dapat mempercayai pemasaran sosial Anda dilakukan oleh mereka.

 

 

DOTNEXT DIGITAL