Categories: Instagram Bisnis

Tips dan Strategi Marketing Instagram untuk Tingkatkan Bisnis

Melakukan digital marketing dengan memanfaatkan Instagram adalah salah satu cara yang efektif untuk dilakukan saat ini, apalagi jika target pasar Anda adalah kaum muda. Berikut ini tips dan strategi marketing Instagram untuk Anda.

Marketing Instagram

Instagram menjadi salah satu media sosial yang tumbuh dengan cepat. Sejak kemunculannya di tahun 2010 hingga saat ini Instagram menjadi media sosial pertama yang orang tuju untuk membagikan konten foto atau video mereka. Jumlah pengguna aktifnya pun kian tahun kian bertambah. Dan saat ini, Instagram adalah salah satu media pemasaran yang efektif dan menarik. 

Untuk memenuhi keinginan para brand dalam hal memasarkan produk mereka.

Ada berbagai fitur yang dikembangkan oleh Instagram untuk itu seperti Instagram Shopping dan juga beriklan. 

Tips dan Strategi Marketing Instagram

Instagram memang menjadi salah satu media sosial yang potensial untuk pemasaran. Tapi bukan berarti Anda menjalaninya tanpa strategi. Bisa dikatakan, melakukan pemasaran di Instagram gampang-gampang susah. 

Ikuti beberapa tips dan strategi marketing Instagram berikut ini untuk dapat sukses melakukan pemasaran di media sosial.

Tips Marketing Instagram

1. Gunakan Instagram For Business

Pada 2016, Instagram mengeluarkan fitur Instagram For Business yang ditujukan kepada pelaku usaha dan brand untuk membuat profil bisnis mereka di Instagram secara gratis. 

Fitur satu ini sangat memudahkan Anda untuk dapat memilih bagaimana terhubung dengan pelanggan Anda dan bagaimana memasarkan produk. 

Instagram For Business juga memungkinkan Anda untuk lebih mengenali karakter dari target pasar dengan adanya fitur Insight di dalamnya. Dari Insight tersebut, Anda bisa melihat pada jam berapa saja target pasar Anda melihat akun Anda, berapa kali akun Anda dikunjungi dan melihat apakah produk Anda potensial untuk diiklankan.

Baca juga: Fitur-Fitur Instagram Story Untuk Menaikan Engagement

2. Buat username dan bio usaha

Setelah Anda mempunyai akun Instagram Bisnis, Anda bisa langsung membuat username dan bio sesuai dengan usaha Anda. Anda juga bisa melengkapi informasi tampahan seperti website, nomor yang bisa dihubungi untuk pemesanan. Serta Anda juga bisa memasukan brand untuk produk Anda.

3. Menggunakan Foto profile yang mempresentasikan merek

Di Instagram, Anda harus bisa dengan cepat menarik perhatian orang. Untuk itu, foto profile juga memainkan peranan penting untuk menarik perhatian. Anda bisa menggunakan foto profile yang unik atau juga foto yang merepresentasikan brand Anda. Foto profile juga menentukan kredibelitas akun bisnis Anda.

Strategi marketing Instagram

1. Tentukan target audiens

Hal pertama ketika Anda menerapkan strategi marketing Instagram adalah mengetahui siapa yang dapat Anda jangkau. Ini artinya Anda perlu mendefinisikan siapa yang menjadi target pasar Anda. Ini sangat penting untuk pengembangan konten yang Anda hadirkan di akun Anda sehingga Anda dapat memberikan apa yang target pasar Anda inginkan.

2. Fokus pada kesan pertama akun

Ada ungkapan yang mengatakan bahwa kesan pertama begitu berharga. 

Ketika audiens mengunjungi akun Anda, mereka akan memperhatikan beberapa hal seperti foto profile, bio dan konten yang Anda buat, jadi berikan kesan pertama yang menarik. Buat informasi yang jelas di bagian bio, buatlah foto profile Anda meyakinkan. 

3. Posting konten secara teratur

Setelah Anda mengetahui siapa yang menjadi target pasar Anda. Selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah memposting konten secara teratur. Keteraturan ini akan membuat akun Anda selalu segar dibenak pengikut Anda.

Selain teratur, pastikan juga Anda mengetahui kapan waktu terbaik untuk memposting konten Anda. Ini penting agar semakin banyak orang yang melihat konten Anda.

Baca juga: Memasang Facebook Ads, Apa Saja yang Perlu Diperhatikan?

4. Jangan monoton

Anda harus bisa membaca apa saja konten yang And posting. Jika Anda memutuskan untuk memposting setiap hari, tentukan apa saja kontennya, jangan terlalu menitik beratkan pada promosi produk. Itu akan mengganggu pengikut Anda, dampaknya tentu tidak baik untuk akun Anda.

Padukanlah konten Anda denga soft selling dan hard selling. Dengan begitu, target audiens Anda akan merasa nyaman dan teredukasi ketika mengikuti akun Anda. 

5. Manfaatkan Instagram Story

Story adalah konten yang bagus untuk menambahkan konten harian. Dengan Instagram Story, konten juga menjadi lebih hidup dan Anda juga bisa memancing partisipasi dari pengikut Anda.

Itulah beberapa tips dan strategi marketing Instagram untuk Anda terapkan, jangan ragu juga untuk berkonsulitasi dengan digital marketing agency untuk merumuskan berbagai strategi pemasaran media sosial Anda.

 

DOTNEXT DIGITAL