Categories: Branding

Tips Desain Produk Kreatif

Dalam dunia bisnis, ada banyak sekali yang memengaruhi keberhasilan berbisnis. Salah satunya adalah desain kemasan produk. Tidak bisa dipungkiri, kemasan adalah cara penyampaian pesan yang terbaik dan langsung kepada pelanggan Anda. Tapi masih banyak yang tidak menyadari atau mengabaikan hal ini atau juga tidak mengetahui caranya. Jika bisnis Anda belum mengetahui caranya, berikut ini tips desain produk kreatif yang bisa Anda coba.

 

Desain produk

Desain kemasan produk merupakan salah satu faktor yang bisa menguatkan branding dalam persaingan bisnis yang ketat. Kenapa demikian? Desain kemasan produk bisa membedakan Anda dengan pesaing.

Dengan desain kemasan, Anda dapat menyampaian pesan berupa informasi mengenai identitas bisnis Anda seperti logo, kualitas produk, keunggulan produk, dan lain sebagainya. Desain produk juga yang membuat pelanggan jatuh cinta pada pandangan pertama dengan produk yang Anda tawarkan.

Tips desain produk kreatif

Penting untuk diketahui, desain produk tidak selalu harus mahal. Kemasan produk harus punya nilai kreatif, Anda bisa menonjolkan sisi unik, dan berbeda dari kompetitor. Desain kemasan produk juga bisa menjadi alat pemasaran online yang efektif. Ketika Anda berhasil mencuri perhatian konsumen lewat kemasan, mereka akan mengunggahnya di media sosial mereka, dan dengan begitu mulai tercipta WOM dan semakin banyak orang yang mencari tahu produk Anda.

Produk yang punya pengemasan rapi, baik, dan juga unik akan punya nilai jual yang lebih besar. Karena tidak jarang juga konsumen membeli produk karena mereka menyukai kemasannya. Untuk itu kami memberikan tips desain kemasan produk kreatif.

1. Buat desain yang sederhana namun elegan

Yang perlu Anda lakukan ketika mendesain kemasan adalah sederhana, unik dan tetap elegan. Bukan menampilkan desain produk yang rumit. Ketika konsumen melihat desain produk yang rumit, konsumen cenderung akan berpaling pada kompetitor Anda. 

Desain kemasan juga tidak perlu dibuat terlalu mencolok sehingga pesan yang dimuat tidak tersampaikan dengan baik. 

2. Pilih warna yang tepat

Warna pada kemasan sangat penting, hampir 90% dari pembelian didasari pada warna. Jadi penting juga untuk Anda mengetahui peran dan arti warna dalam desain kemasan, misalnya seperti:

  • Warna merah melambangkan hasrat, kekuatan, cinta, dan keberanian.
  • Kuning melambangkan energi serta kebahagiaan.
  • Oranye melambangkan senang, hangat, dan juga tekad.
  • Hijau melambangkan kesegaran atau uang.

3. Jaminan kemasan yang baik

Produk yang baik adalah produk yang bisa menghadirkan kemasan produk yang menarik. Tapi, menarik saja tidak cukup. hal itu juga harus ditunjang dengan kemampuan kemasan untuk melindungi produk dengan aman. Dari kemasan, Anda punya pesan bahwa produk Anda adalah produk yang berharga yang terlindungi dengan baik. Sehingga konsumen tidak perlu khawatir akan mendapatkan barang yang rusak karena kemasan Anda.

4. Pilih bentuk kemasan yang sesuai

Perlu Anda ketahui, ada pertimbangan psikologis dalam bentuk kemasan, seperti untuk produk-produk maskulin bentuk produk cenderung berbentuk persegi panjang, seperti kotak. Sedangkan untuk produk feminim, desain kemasan lebih sering melengkung. 

Jadi ketahui juga target pasar Anda ketika mendesain produk, walau menonjol itu penting, namun perlu diingat juga kepada siapa produk itu akan dipakai, siapa yang menjadi target pasarnya.

5. Atur tipografi

Tips desain kemasan kratif yang perlu Anda perhatikan juga adalah perhatikan tipografi. Aturlah tipografi sebaik mungkin, tipografi meliputi pemilihan warna, jenis font, dan juga gaya tulisan. Perhatikan secara detail hal ini agar sesuai dengan produk Anda. 

Gunakan juga kalimat sederhana, langsung buat to the point, mudah diingat, dan tetap mampu menginterpretasikan tujuan dari produk.

Nah, itulah beberapa tips desain kemasan produk yang bisa Anda terapkan dalam bisnis Anda. Untuk hasil yang maksimal, Anda bisa mempercayakan desain produk kepada profesional, dan Anda hanya tinggal menjalankan bisnis Anda.

 

DOTNEXT DIGITAL

Recent Posts

Cara Daftar Facebook Business Manager di Facebook

Sebelumnya, kita sudah membahas tentang pentingnya saat ini menggunakan Facebook Business Manager.  Lalu, jika kita…

2 days ago

Facebook Business Manager, Fitur Unggulan dari Facebook

Perkembangan dunia digital selalu menawarkan hal-hal yang dinamis, dan tidak pernah berhenti disatu titik. Begitu…

4 days ago

Fungsi Search Engine

Search engine bukan lagi menjadi hal yang asing tentunya untuk kita semua. Dalam kehidupan kita…

3 weeks ago

Apa Itu Search Engine

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan search engine, di keseharian kita tak terlepas menggunakan…

1 month ago

Contoh Website Company Profile Terbaik

Di era internet seperti hari ini, perusahaan harus bisa eksis dan ditemukan. Caranya tentu saja…

2 months ago

Tips Branding Produk Makanan Agar Dikenal Luas

Bisnis kuliner adalah bisnis yang menjanjikan karena pasar dari bisnis ini selalu ada dan terus…

2 months ago