Setiap website bisnis tentu menginginkan peringat teratas di hasil pencarian Google. Hal ini sebenarnya bukanlah hal yang mustahil selama menggunakan teknik SEO yang tepat. SEO yang tepat akan membantu meningkatkan posisi website Anda dihasil pencarian Google. Bagaimana teknik yang tepat itu? Tips SEO akan membantu Anda.

Dengan menerapkan SEO yang tepat, akan mendorong visibilitas, bila visibilitas website meningkat maka bisa membuat audiens tertarik untuk mengklik website Anda dan akhirnya bisa menaikkan peringkat Anda di mesin pencari.

Tahukah Anda mengapa sebuah website sangat ingin mendapatkan peringkat yang tinggi di mesin pencari. Hal ini karena, berdasarkan studi yang dilakukan oleh Infront Webworks, website yang berada di halaman pertama pada mesin pencarian akan mendapatkan 95 persen website trafik, sedangkan halaman berikutnya hanya 5 persen trafik.

Ketika Anda berada di halaman utama dari hasil pencarian, kemungkinan website Anda dikunjungi dan ditinjau menjadi sangat besar

Tips SEO untuk Menaikan Peringkat Website

Ketika membicarakan SEO, pasti yang ada dibenak kebanyakan orang adalah penggunaan kata kunci. Yap, sejauh ini memang kebanyakan orang hanya fokus kepada kata kunci sebagai strategi SEO.  Jika mungkin website Anda sudah melakukan hal ini tapi belum juga mendapatkan peringkat di Google, maka sudah seharusnya strategi keyword Anda diperkaya dengan tips SEO berikut ini.

1. Optimasi Website Versi Mobile

Tips SEO pertama yang bisa Anda lakukan agar mendapatkan peringkat adalah membuat website Anda bisa diakses di perangkat mobile. Hal ini sebenarnya jadi sebuah keharusan saat ini. Karena untuk website yang sudah bisa diakses secara mobile, Google menerapkan indeks Mobile-First. Maksudnya adalah Google akan memprioritaskan website yang sudah mobile friendly untuk di indeks. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah melakukan mobile-friendly test.

Anda perlu menaruh perhatian pada tampilan mobile dari website Anda agar peringkat dari konten utama Anda tidak turun. Tugas Anda adalah memudahkan pengunjung untuk bisa mengakses website tidak hanya dari perangkat laptop/desktop tapi juga perangkat smartphone. 

2. Tips SEO Lakukan SEO Audit

Algoritma Google kurang menyukai website yang memiliki navigasi rumit. Oleh karena itu, buatlah navigasi website yang memudahkan pengunjung. Untuk melakukannya, cobalah lakukan SEO audit untuk mengetahui apa saja yang perlu dioptimalkan. 

Untuk memahami apa saja yang perlu diaudit, kamu perlu tahu apa saja dasar-dasar SEO.

3. Perbaiki Waktu Loading

Tips SEO ketiga untuk membantu website Anda mendapatkan peringkat di Google adalah perbaiki waktu loading. Waktu loading yang sangat lambat tidak akan membuat audiens Anda merasa senang. Selain itu ini juga akan memengaruhi nilai SEO Anda. Beberapa yang membuat loading website Anda lambat adalah ukuran media yang ada di website, seperti gambar, video, atau juga tampilan animasi. 

Untk meningkatkan kecepatan website, coba lakukan beberapa hal berikut ini.

  1. Perkecil ukuran gambar: Sebelum mengunggah gambar ke dalam website, coba kecilkan ukurannya. Anda bisa menggunakan tools seperti TinyPNG 
  2. Kedua, untuk mempercepat loading website, sebelum Anda mengunggah file JS dan CSS ke website, periksa kembali apakah file tersebut benar-benar dibutuhkan. Karena file-file tersebut bisa memperlambat loading website. Bila memungkinkan, cobalah untuk merge beberapa script menjadi satu file.
  3. Cache browser, ketiga adalah chace browser, ketika sebuah browser menampilkan suatu halaman browser juga akan memuat sejumlah file. File-file cache tersebut tersimpan secara lokal di komputer pengunjung. Dengan begitu, ketika merek berpindah ke laman baru, file-file cache tidak perlu dimuat lagi. Sebagian besar website mengaktifkan browser caching dengan menambahkan kode htaccess file ke hosting atau server.

4. Perbaiki Link Rusak

Bukan hanya link eksternal, link internal juga berpengaruh terhadap peringkat website di hasil pencarian. Banyak dari pemiliki website yang mengabaikan hal ini dan membiarkan link-link rusak tersebut. Padahal hal ini bisa mempengaruhi pengalaman pengunjung ketika mengunjungi website. Untuk mengetahui mana saja link di website Anda yang rusak, Anda bisa menggunakan W3C Link Checker untuk mendeteksi link rusak yang perlu diperbaiki.

5. Buat Anchor Text yang Sesuai

Hal ini memang tampak sepele, tapi anchor text bisa sangat berpengaruh sangat signifikan terhadap SEO. Memiliki anchor text yang sesuai adalah hal krusial dalam membangun link. Ketika anchor text Anda sesuai dengan lnik yang ditju, mesin pencari seperti Google mendapatkan sinyal positif tentang website Anda.

Misalnya, anchor text Jasa SEO memuat link menuju website dotnextdigital.com/jasaseo. Anchor text dan alamat website memiliki tingkat kesesuaian yang tinggi, sehingga sangat bagus untuk SEO.

6. Fokus pada Konten yang Kompetitif

Jika Anda sebelum sudah menggunakan keyword-keyword yang potensial tapi belum bisa mendapatkan peringkat di halaman pertama, itu artinya ada yang salah dengan cara Anda menurunkan keyword menjadi konten. Cobalah buat konten yang lebih berkulitas dan mendalam dalam hal pembahasan agar konten tersebut bisa kompetitif dengan konten website kompetitor Anda.

7. Bekerja Sama dengan Agensi

Tips SEO lainnya yang bisa meningkatkan peringkat Anda di mesin pencari adalah bekerja sama dengan agensi yang menyediakan jasa SEO. Saat ini sudah banyak juga perusahaan yang menyerahkan SEO mereka untuk ditangani orang-orang agensi agar mereka bisa lebih fokus mengembangkan bisnis. SEO website sepenuhnya dipegang oleh jasa SEO yang memang sudah profesional dalam bidang tersebut. Jasa SEO akan memperbaiki struktur website agar SEO Friendly, memasukan keyword ke konten dengan tepat. Hasilnya akan sangat terasa, setiap bulan jumlah trafik akan naik dan website bisa berada di peringkat teratas Google. Klik di sini untuk konsultasi lebih lanjut!