Mengenal Digital Marketing dan Tugasnya

Tugas digital marketing – Digital marketing adalah tindakan menjual produk dan jasa melalui channel atau saluran berbasis digital di internet, seperti SEO, media sosial, aplikasi, website, email, blog, push notification, dan lain sebagainya.  jasa digital marketing

Dalam digital marketing, kegiatan pemasaran produk atau jasa dilakukan dengan menggunakan saluran digital. Tujuan utama digital marketing adalah untuk menjangkau audiens yang aktif di dunia digital secara lebih cepat, tepat, efektif dan efisien.

Jika dibandingkan dengan teknik marketing konvensional, metode digital marketing lebih banyak diminati oleh perusahaan. Mengapa? Sebab digital marketing dinilai mempunyai ROI (return on investment) yang cukup tinggi.

Dengan biaya pemasaran yang lebih rendah, digital marketing bisa memberikan hasil yang lebih memuaskan. Seseorang yang bekerja di bidang digital marketing disebut digital marketer.

 

Apa Saja Tugas Digital Marketing dalam Bisnis?

Mengelola Website Bisnis

Ketika konten diunggah tanpa optimasi SEO, kemungkinan menghasilkan banyak pengunjung sangat kecil. Kecuali jika dioptimalkan melalui iklan atau promosi di media sosial. Mempunyai kemampuan untuk memberikan saran atau arahan agar website bisa menjadi sarana pemasaran, agar mendatangkan pengunjung yang banyak.

Mengarahkan website dan halaman arahan dari berbagai aspek seperti: tampilan, desain, navigasi, copywriting dan halaman arahan untuk menarik perhatian pelanggan. Digital marketing tidak bertugas membuat website, melainkan programmer web developer yang membuatnya. Beda peran, namun saling bekerjasama.

Menerapkan Optimasi SEO (Search Engine Optimization)

Dengan SEO, website bisa berpeluang mendatangkan banyak pengunjung dari mesin pencari yaitu Google, dimana sebagian dari pengunjung tersebut bisa menjadi pembeli. Tanpa SEO rasanya mustahil sebuah website bisa mendapatkan pengunjung yang banyak, kecuali dengan budget iklan yang mungkin cukup besar.

Digital marketer diharuskan untuk menerapkan optimasi SEO untuk situs web. Tujuannya agar website tampil di halaman pencarian teratas Google, sehingga berpeluang mendapatkan banyak calon pelanggan dari pengunjungnya.

Mengelola SEM (Search Engine Marketing)

Dapat mengelola iklan di jaringan pencarian Google Ads secara maksimal. Selain menggunakan SEO, tugas lain seorang pemasar digital adalah mengelola SEM (Search Engine Marketing). SEM adalah cara yang lebih mudah untuk tampil di halaman atas Google untuk mendapatkan prospek pelanggan potensial dengan cepat.

SEM harus membayar ke google ads dengan biaya per klik sesuai dengan harga kata kunci yang bervariasi. Ada yang murah, ada yang mahal tergantung tingkat persaingan. Pengelolaan iklan harus dikelola oleh pemasar digital yang berpengalaman di bidang ini, hingga partner Google bersertifikat. Tujuannya agar biaya yang dikeluarkan benar-benar mendapatkan hasil yang sesuai dengan harapan periklanan. jasa digital marketing

 

 

Baca Juga: Digital Marketing Funnel, Apa Itu dan Bagaimana Cara Menerapkannya?

 

 

Membantu Mengelola SMM (Social Media Marketing)

Mempunyai kemampuan mengelola iklan di media sosial, yang paling umum di Indonesia adalah Facebook Ads dan Instagram Ads. Bukan yang ngepost feed Instagram, itu bukan tugas digital marketer, tapi admin media sosial.

Namun tidak ada ruginya jika digital marketing membantu memposting feed Instagram. SMM merupakan strategi penggunaan media sosial untuk membangun kesadaran merek terhadap suatu produk, layanan, dan merek. Hingga Anda bisa memperoleh trafik dan pelanggan dengan media sosial.

Iklan SMM merupakan jenis iklan yang bertujuan untuk menarik perhatian seseorang kepada suatu produk, jasa atau merek. Mungkin Anda sudah sering melihat di Facebook atau Instagram.

Mengelola Display advertising

Jika sering melihat iklan banner display di website, seperti iklan banner di website, itu adalah bagian dari pekerjaan dari digital marketer. Teknik yang paling umum digunakan adalah GDN (Google Display Network bagian dari Google Ads) dengan biaya per klik atau per tampilan.

Tujuan dari display sendiri adalah untuk menarik perhatian audience terhadap produk dan brand bisnis. Selain sebagai media periklanan untuk mendapatkan pelanggan. Display advertising akan selalu menjadi andalan perusahaan besar untuk membangun brand awareness.

 Membangun Strategi Pemasaran Funneling

Teknik SEO, SEM, dan SMM di atas bertujuan untuk menarik pengunjung sebanyak mungkin prospek. Selain itu ada Minat, Keputusan dan tindakan. Minat merupakan penugasan situs web, halaman arahan, dan buletin email. Bagaimana agar pengunjung lebih tertarik untuk melakukan kontak atau order.

Keputusan adalah tahap tindak lanjut klien atau pelanggan. Tindakan dimana pelanggan bersedia untuk melakukan pemesanan atau pemesanan. Semakin banyak Leads, semakin banyak peluang terjadinya penjualan. Maka pekerjaan seorang digital marketing harus sampai pada tahap merancang funneling pemasaran yang paling tepat.

 

Untuk mengoptimalkan semua proses pemasaran, Anda tidak perlu khawatir karena sekarang Anda bisa bekerja sama dengan jasa digital marketing seperti DOTNEXT. Di DOTNEXT, ada jasa yang lengkap yang bisa Anda andalkan, mulai dari membuat konten, mengelola media sosial, SEO, dan jasa pembuatan website. Bersama DOTNEXT, Anda tidak perlu pusing lagi memikirkan teknik pemasaran karena semua akan dikembangkan dan dijalankan oleh DOTENXT. Mari  sekarang!