Jika Anda ingin membuat sebuah website, terdapat beragam platform yang bisa digunakan dengan menawarkan cara-cara simple dan mudah. Ada yang menggunakan coding HTML dengan sejumlah bahasa-bahasa pemrograman yang perlu dimasukan. Atau ada juga cara mudah dengan menggunakan Content Management System atau yang juga dikenal dengan CMS. CMS menjadi cara membuat website yang mudah tanpa harus mengerti bahasa coding. Ada beragam jenis CMS dan WordPress adalah CMS yang paling populer digunakan.

Untuk Anda yang mungkin seorang pemula pasti sering bertanya-tanya, apakah WordPress itu dan manfaat seperti apa yang akan didapat dari menggunakannya Nah, semua akan dibahas secara lengkap dalam artikel ini.

Apa itu WordPress

WordPress tercipta atas inisiasi dua sahabat Matt Mullenweg dan Mike Little  pada 2003 lalu. WordPress merupakan software yang bersifat open source. Artinya WordPress bebas dimodifikasi oleh siapa saja sesuai dengan kebutuhannya. Anda sebagai pengguna dapat menerbitkan konten tanpa perlu mengerti bahasa pemrograman. CMS ini mampu menciptakan gaya website apapun, mulai dari sederhana hingga website bisnis dengan beragam fitur yang lengkap.

Bentuk yang dinamis, membuat CMS ini menguasai sepertiga dari website di seluruh dunia. Banyak perusahaan besar seperti Sony, Time.Inc, New York Post, dan NBC membangun website mereka dengan WordPress.

 

Tujuan dan Manfaat WordPress

WordPress dibangun menggunakan PHP dan MySQL yang telah didukung oleh banyak penyedia layanan hosting. Sebagai situs open source, WordPress juga memungkinkan penggunanya untuk secara aktif untuk berkontribusi melaporkan bug dan memperbaiki masalah tersebut jika mereka bisa.

Tidak hanya itu, ia menghadirkan banyak keistimewaan dan manfaat lain yang mendukung website Anda untuk tampil dengan baik.

Sebagai salah satu CMS, ia termasuk yang sangat user friendly bagi pemula sekalipun. Platform ini dikenal dengan five minute installation wizard-nya. 

Tidak cuma untuk keperluan blogging, CMS ini juga memungkinkan juga untuk dikembangkan menjadi e-commerce, website bisnis, website pendidikan, portofolio dan lain sebagainya. 

 

Keuntungan Menggunakan WordPress

Jika Anda berpikir untuk membuat dan membangun situs website Anda dengan WordPress, berikut ini sejumlah keuntungan yang akan Anda rasakan.

 

1. Fleksibilitas yang Tinggi

Dari sisi pengembangan, WordPress merupakan salah satu CMS yang sangat mudah untuk dibuat dan disesuaikan dengan kebutuhan dari pengembang. Baik itu dari segi tampilan (theme) atau juga plugin. Plugin WordPress seperti aplikasi untuk situs web Anda yang dapat Anda gunakan untuk menambahkan fitur-fitur canggih seperti analitik, formulir kontak, area keanggotaan, dan banyak lagi.

Walau WordPress menyediakan kebebasan namun, CMS ini juga menyediakan tema dan plugin dengan jumlah ribuan yang bisa didapatkan secara gratis maupun berbayar.

 

2. SEO Friendly

WordPress ditulis dengan menggunakan kode canggih dan berkualitas tinggi dan menghasilkan markup semantik. Hal ini membuat mesin pencari seperti Google menyukai WordPress.

Inilah mengapa banyak situs yang berada pada peringkat satu pencari kebanyakan dibangun menggunakan CMS ini.

Dari segi desain, WordPress juga sudah SEO friendly. Anda juga dapat menggunakan plugin yang  disediakan untuk lebih mengoptimalkan situs web Anda. 

Mengabaikan SEO adalah sebuah kesalahan yang membuat traffic website Anda menjadi rendah.

 

3. Pengelolaan Mudah

WordPress sangat mengerti penggunanya, ia hadir dengan manajemen pembaruan yang terintegrasi. Sehingga memungkinkan Anda untuk memperbarui tema dan plugin dari dalam dashboard admin Anda. 

Saat ada pembaruan, WordPress akan memberitahu Anda sehingga Anda dapat melakukan pembaruan hanya dengan beberapa klik.

 

4. Keamanan Terjamin

Keamanan website adalah salah satu hal yang perlu diperhatikan, jika tidak data yang ada dalam website Anda bisa disalah gunakan.Keamanan WordPress juga tidak perlu diragukan, platform ini dianggap sebagai platform yang sangat aman untuk menjalankan situs web. CMS ini menyediakan plugin keamanan yang fungsional dan mutakhir yang bisa Anda terapkan dalam website Anda. Adapun plugin tersebut seperti Sucuri Security, Akismet, All in One WP Security and Firewall. Untuk penggunaan juga mudah, karena langkah-langkahnya juga sudah tersedia.

5. Bisa Memasukan Beragam Jenis Media

Walau dikembangkan sebagai blogging, namun WordPress tidak terbatas pada teks saja. WordPress menyediakan penggunanya untuk dapat mengunggah media seperti foto, video, audio. 

WordPress mendukung situs web yang diaktifkan oEmbed yang berarti Anda dapat menyematkan video YouTube, foto Instagram, Tweet, dan audio Soundcloud dengan hanya menempelkan URL di editor posting WordPress. 

Ini membuat konten yang bisa Anda kembangkan dengan WordPress menjadi semakin kaya karena tidak hanya berisi teks.

Saat ini ada banyak agency yang melayani jasa pembuatan website murah. Dotnext Digital menyediakan jasa pembuatan website dengan menggunakan wordpress yang diperuntukkan untuk para pemilik bisnis kecil, menegah, dan besar. Website dibuat secara profesional oleh ahli ahli yang ada. Silakan hubungi kami .