Youtube Desktop Dashboard – Bagi Anda content creator, social media specialist maupun profesi lainnya yang bersangkutan dengan Youtube, pastinya harus mengetahui Youtube Desktop Dashboard, agar nantinya bisa mempermudah pekerjaannya.

Anda harus mengetahui cara penggunaanya, matriks, dan yang lainnya, sehingga Anda bisa meningkatkan performa pada konten di Youtube, terutama bagi Anda yang bekerja dibidang tersebut.

Untuk, Anda yang belum mengetahui apa itu Youtube Desktop Dashboard, Anda bisa membaca artikel berikut ini sampai habis. Karena ulasan berikut ini akan membahas mengenai pengertian Youtube Dashboard Desktop sampai dengan cara menggunakannya.

Apa Itu Youtube Desktop Dashboard?

Youtube Desktop Dashboard adalah sebuah tools yang disediakan oleh Youtube, biasanya desktop dashboard itu berisi tentang segala informasi dan matriks secara lengkap, seperti bagaimana performa konten video, menganalisis channel, sampai dengan perilaku para audiens di channel Youtube tersebut.

Dengan adanya informasi tersebut, pastinya bisa digunakan oleh para youtuber dan yang lainnya, untuk menerapkan strategi yang akan dilakukan selanjutnya, agar konten yang dibuat bisa tepat sasaran kepada audiens yang dituju dan kontennya berisi sesuai dengan kebutuhan para audiens.

Baca Juga: Algoritma Youtube Terbaru Tahun 2022!

 

Manfaat Youtube Desktop Dashboard

Setelah Anda mengetahui pengertiannya, selanjutnya hal yang harus Anda ketahui adalah mengenai manfaat dari Youtube Desktop Dashboar. Berikut ini adalah manfaatnya:

Video Performance Dashboard

Sudah dikatakan sebelumnya, jika menggunakan Youtube Desktop Dashboard maka Anda dapat melihat sejumlah informasi dan matriks yang lengkap. Anda bisa menemukan matriks seperti jumlah likes, dislikes, comments, share, sampai dengan total jumlah penayangan.

Anda juga bisa mengetahui berapa lama rata-rata audiens menonton video Youtube tersebut. Dengan adanya informasi tersebut, Anda bisa melakukan evaluasi dan juga menentukan bagaimana langkah kedepannya.

Performance Dashboard Youtube Channel

Dengan menggunakan Youtube Desktop Dashboard, Anda bisa mengetahui performa dari channel Youtube yang Anda miliki.

Youtube KPI Dashboard

Anda juga bisa mengetahui matriks mengenai audiens Anda, yaitu seputar informasi mengenai geografi, demografi, dan juga top video yang dimiliki channel Youtube Anda.  Dengan adanya informasi tersebut, tentunya Anda bisa mengetahui bagaimana audiens Anda lebih dalam dan juga mengetahui bagaimana konten yang dapat meningkatkan trafik.

Matriks Penting dalam Youtube Desktop Dashboard

Sebelum menggunakannya, Anda harus mengetahui matriks-matriks penting. Sehingga Anda bisa mengoptimasikan konten, dan konten Anda sesuai dengan kebutuhan dari target audiens. Berikut ini adalah matriksnya:

  • Subscribers: Jumlah orang yang berlangganan (subscribe) suatu channel Youtube.
  • Realtime views: Jumlah views yang diperoleh dalam kurun waktu selama 48 jam dalam bentuk diagram, yang akan diupdate secara realtime.
  • Channel views: Jumlah views dari seluruh konten yang sudah diupload dalam kurun waktu tertentu.
  • Channel watch time: Jumlah total waktu yang dihabiskan untuk menonton seluruh video, di suatu akun dalam kurun waktu tertentu.
  • Impressions: frekuensi thumbnail yang dilihat oleh audiens.
  • Click through rate: persentase orang yang mengklik video Youtube setelah melihat thumbnail Youtube.
  • Average view duration: durasi rata-rata audiens menonton video Youtube sebelum mengeklik.
  • Video subscribe: jumlah audiens yang melakukan subscribe setelah menonton video yang diunggah.
  • Estimated revenue: pendapatan bersih dari akun yang sudah diverifikasi dan dimonetasi.
  • Returning viewers: jumlah audiens yang pernah mengunjungi akun Youtube dan kembali menonton video lainnya yang diunggah.

Bagaimana Cara Menggunakannya?

Sesudah mengetahui dashboard, Anda bisa mulai mengetahui cara menggunakan Youtube Dashboard. Berikut ini tahapannya:

  • Login ke akun Youtube milik Anda
  • Klik ikon profil yang ada di atas pojok kanan, pilih Youtube Studio
  • Setelah itu, Anda akan melihat tampilan matriks Youtube Dashboard. Untuk analisa lebih mendalam Anda bisa mengeklik Go to Channel Analytics.
  • Kemudian Anda bisa menemukan berbagai pilihan matriks seperti overview, reach, engagement, audience dan revenue pada dashboard.
  • Klik “Advance Mode” untuk mengetahui lebih jelas mengenai insight dari setiap video yang Anda upload
  • Untuk mengunggah laporan, Anda bisa memilih mana yang ingin Anda unggah. Kemudian klik ikon unduh pada bagian sudut kanan atas.

Anda memiliki bisnis dan ingin mengembangkan bisnis tersebut? Anda bisa menggunakan jasa digital marketing di Jakarta yaitu DOTNEXT. Ada beragam layanan yang bisa Anda gunakan untuk mengembangkan bisnis Anda seperti jasa SEO, pembuatan website, desain grafis dan lainnya.

Sekian ulasan berikut ini, semoga ulasan berikut ini bermanfaat untuk Anda memahami lebih dalam tentang Youtube Desktop Dashboard, sehingga Anda bisa mengoptimalkan performa konten Youtube Anda.

Konsultasikan bisnis Anda , sekarang.